Pages

Cara Menulis Arab di Komputer Word 2007

Friday 28 November 2014

Sudahkah kamu tahu cara menulis arab di komputer atau laptop? Mungkin selama ini kamu salah satu orang yang kesulitan belajar menuliskan huruf arab. Atau sering mengalami kendala saat harus membuat tulisan dengan huruf arab. Menulis huruf arab secara manual bagi orang yang tidak terbiasa tentu saja akan terasa susah dan rumit.

Dengan berkembangan teknologi sekarang ini kita bisa menuliskan huruf-huruf arab ini dengan menggunakan komputer. Memang tujuan diciptakannya komputer adalah mempermudah pekerjaan manusia. Kita juga bisa menggunakan fasilitas aplikasi yang ada pada komputer untuk menulis huruf arab. Jadi kamu gak perlu bingung lagi buat mikir bagaimana cara menulis huruf arab di komputer.



Nah berikut akan saya bagikan cara menulis huruf arab di komputer pada Word 2007

1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah demgan menambahkan methode bahasa arab untuk inputan keyboard pada komputer atau laptop kamu. Caranya pilih start-control panel-ljika sudah tampil jendela control panel pada bagian view yang terletak dipojok kanan sebelah atas patikan kamu pilih category. Atau lihat gambar berikut :

2. Masih pada tampilan yang sama kamu pilih Change keyboards or other input Methods yang ad pad bagian clock, language and region. Lebih jelasnya lihat gambar berikut :

3. Setelah di klik maka akan muncul tampilan baru kamu arahkan kursor kamu pada “ change keyboard” dan klik.

4. Setelah di klik akan tampil jendela baru lagi. Pilih atau klik add

5. Muncul tampilan baru lagi klik pada tanda (+) di samping tulisan arabic(saudi arabia)-klik lagi tanda (+) keyboard-berilah tanda centang atau ceklis pada Arabic (101), Arabic (102), Arabic (102) azerty jika sudah kamu pilih ok.

6. Proses tambah metode input keyboard dengan huruf arab pada oficce word sudah selesai. Untuk mengecek berhasil atau tidak sekarang kamu buka office word. Lalu lihatlah pada taskbar bagian kanan bawah jika sudah ada pilihan arabic(saudi arabia) pada tulisan IN maka kamu sudah berhasil.

7. Sekarang kamu sudah bisa mulai menulis arab pada komputer kamu. Apabila ingin menulis menggunakan huruf latin lagi tinggal kamu rubah arabic tadi menjadi IN ataupun EN.

Demikian sharing saya kali ini tentang cara menulis arab dikomputer word 2007. Semoga bisa membantu kamu yang ingin menulis huruf arab di komputer. Terimakasih atas kunjungannya. Dan jangan pernah lupa untuk kembali lagi pada coretan saya yang lain.

No comments: