Pages

Manfaat dan Jenis Bambu

Wednesday 1 July 2015


Manfaat dan Jenis Bambu. Bambu merupakan tanaman dari jenis rumput-rumputan dengan banyak ruas dan ranting. Bambu dapat tumbuh memanjang hingga bermeter-meter. Bahkan ada beberapa jenis bambu yang mampu tumbuh hinggga 60 cm dalam satu hari.

Tanaman bambu ini sangat mudah dijumpai di indonesia. Bambu biasanya tumbuh dalam satu rumpun atau mengelompok. Bambu merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Bahkan rebung (tunas bambu muda)dari beberapa jenis bambu dapat di makan dengan dijadikan masakan.


Ada banyak jenis bambu yang ada di dunia. Di indonesia sendiri tercatat terdapat sekitar 159 jenis bambu hingga saat ini yang tersebar hampir diseluruh indonesia. Pohon bambu memang lebih banyak dijumpai di daerah jawa. Beberapa jenis bambu yang terkenal dari pulau jawa antara lain : bambu manggong, bambu lengka, bambu, bubat, bambu terung, bambu gambang surat, bambu andong, bambu peri, bambu mayan, bambu eul-eul, bambu cendani, bambu pagar, bambu tali dan masih banyak lagi yang lain.

Selain jenisnya yang ada banyak, pohon bambu juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, beberapa diantaranya adalah :

1. Sebagai bahan bangunan pengganti kayu dan batu

2. Sebagai bahan kerajinan seperti kursi, meja, hiasan dinding, lampu hias dll

3. Sebagai salah satu sumber makanan yaitu tunas bambu muda dari beberapa jenis bambu

4. Sebagai perkakas alat rumah tangga

5. Sebagai tali. Bambu yang baik digunakan sebagai tali adalah jenis bambu tali

6. Sebagai bahan baku untuk membuat rumah

7. Akar dari tanaman bambu dapat mencegah abrasi dan juga erosi

8. Sebagai salah satu penghasil oksigen

9. Sebagai bahan bakar untuk memasak

Beberapa manfaat diatas lebih banyak diambil dari batang bambunya, namun ternyata daun bambu juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita antara lain :

1. Sebagai obat sakit asam urat

caranya ambil beberapa helai daun bambu yang masih muda, kemudian dijemur sebentar dan di gosok2 agar getah serta bulu bulu halusnya hilang. Kemudian rebus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa menjadi 2 gelas saja. Minum pada pagi dan sore hari.


2. Obat luka di bagian kulit

Caranya yaitu haluskan daun bambu muda dengan cara di blender ataupun ditumbuk lalu gunakan air tumbukan daun bambu untuk mencuci luka pada kulit anda.


3. Melancarkan menstruasi

Rebus beberapa daun bambu yang muda menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas dan diminum pada pagi dan sore hari.

4. Membunuh cacing usus

Cacingan memang menjadi hal yang tidak menyenangkan. Namun anda bisa mengobati cacingan dengan menggunakan daun bambu. Caranya seduh daun bambu memakai air panas seperti saat anda menyeduh teh, kemudian minum air seduhan daun bambu ini sehari sebanyak 2 kali.

Demikianlah beberapa jenis dan manfaat bambu. Semoga saja bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Sumber : http://manfaatdaundaun.blogspot.com

No comments: