Pages

Margarin dan Mentega, Sama atau Beda?

Friday 3 July 2015

Beda Mentega dan Margarin. Menjelang lebaran tentu saja banyak ibu-ibu yang mulai sibuk membuat hidangan lebaran, terutama berbagai jenis kue kering. Hampir semua jenis kue kering pasti saya baca ada bahan mentega yang digunakan. Namun ada beberapa resep masakan juga yang menggunakan bahan margarin. Hal inilah yang membuat saya mulai bingung untuk membedakan beda margarin dan mentega.

Berhubung saya adalah pemula dalam dunia masak memasak dua bahan tersebut masih membuat saya bingung membedakannya. Kapan harus menggunakan margarin dan kapan harus menggunakan mentega. Atau mungkin malahan sama hanya beda nama saja.

Demi menjawab rasa penasaran saya tersebut akhirnya saya mulai mencari berbagai informasi. Dan semoga informasi yang saya dapatkan ini juga bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami hal yang sama dengan saya.

Berikut akan di terangkan mengenai margarin dan mentega agar kita bisa memahami serta membedakannya.

1. Margarin

Margarin ini terbuat dari bahan dasar lemak nabati yang di campur dengan tambahan garam serta bahan yang lain. Margarin mmemiliki tekstur yang lebih kaku dan padat di babnding mentega. Warna margarin cenderung kuning terang daan agak susah meleleh. Margarin biasanya di jual dalam kemasan mangkuk ataupun hanya dengan bungkus plastik. Aroma yang dihasilkan margarin tidak sesedap aroma mentega. Margarin biasanya digunakan untuk membuat cake yang akan membuat tekstur cake menjadi lebih bagus. Margarin memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang berasal dari vegetable oil.

2. Mentega

Mentega dibuat dari lemak susu yang berasal dari hewan yang ditambah dengan berbagai bahan lain seperti air, susu dan juga garam serta di proses menggunakan proses khusus. Aroma yang di hasilkan mentega biasanya sangat menggiurkan dan menggugah selera makan. Mentega biasanya berwarna kuning namun pucat dan gampang meleleh. Mentega terdapat kandungan vitamin D, A karbohidrat dan juga protein. Mentega biasanya akan membuat tekstur kue menjadi kurang kuat sehingga mentega lebih cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat kue kering.

Baca juga : resep kue nastar lebaran

Itulah penjelasan dari mentega dan margarin. Sekarang jadi lumayan paham mengenai keduanya dan mulai bisa membedakannya. Jadi nggak akan salah pakai lagi. Semoga informasi mengenai beda margarin dan mentega ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca tulisan saya.

sumber : www.kokiku.tv

No comments: