Pages

Manfaat Menulis yang Terlupakan

Wednesday 15 July 2015

Manfaat Menulis. Bagi seorang penulis baik itu penulis buku, penulis berita maupun penulis artikel, menulis bukanlah menjadi perkara yang rumit bagi mereka. Namun bagi orang umum menulis adalah kegiatan yang membosankan. Mereka bingung bagaimana caranya mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran mereka menjadi kata-kata yang mudah di baca dan mudah dipahami.

Padahal dibandingkan dengan membaca, melihat ataupun mendengar, menulis mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu dapat mengungkapkan apapun yang tak mampu diucapkan, menuangkan segala pikiran, dapat diabadikan karena karena dapat dibaca berulang-ulang.

Entah apa asalan mengapa orang-orang enggan menulis, padahal banyak manfaat menulis yang dapat dipetik dari kegiatan menulis. Terutama manfaat bagi penulisnya itu sendiri. Berikut akan dijabarkan beberapa manfaat menulis.
baca juga : manfaat tertawa bagi kesehatan

1. Meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir serta dapat mencegah dari kepikunan

Dengan menulis berarti melatih otak untuk bekerja. Sama halnya seperti badan, otak kita juga memerlukan olah raga. Dan salah satu olah raga bagi otak kita adalah dengan cara melatihnya terus menerus melalui kegiatan menulis. Ibarat sebuah pedang semakin sering diasah akan semakin tajam. Begitu juga otak manusia semakin sering dilatih maka menghindarkan dari kepikunan.

2. Sebagai salah satu media pembelajaran

Banyak tokoh-tokoh sukses yang pada akhirnya melahirkan sebuah tulisan. Karena belajar sebenarnya bukan hanya sekedar membaca atau mendengar tetapi juga menulis.

3. Menjadikan hidup lebih produktif

Dengan menulis membuat wawasan menjadi terus bertambah, melatih kerja otak dan dapat membawa manfaat bagi orang lain yang membacanya.

4. Dapat membuat pribadi yang lebih santun dan bijak

Menulis membuat seseorang belajar banyak mengenai kosakata serta gaya bahasa yang harus digunakan. Hal ini secara tida langsung juga dapat berpengaruh kepada kepribadian seseorang menjadi lebih bijak serta santun.

5. Menyehatkan

Sebuah pendapat yang diungkapkan oleh Dr. James W. Pennebaker yang mengungkapkan bahwa mengungkapkan segala pengalaman yang kurang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan melalui kata-kata (menulis) bisa mempengaruhi perasaan, pemikiran serta kesehatan tubuh seseorang. Dengan menulis dapat menjernihkan pikiran, mengatasi trauma, membantu memecahkan suatu masalah.
baca juga : manfaat tidur siang bagi kesehatan

6. Menulis juga dapat menghasilkan uang. Mungkin ini adalah bonus yang didapatkan dari menulis. Banyak penulis yang akhirnya menjadi orang yang kaya dari hasil penjualan tulisan-tulisan yang dia dapatkan. Jadi bukan hanya manfaat secara imateriil tetapi juga memberikan manfaat materi juga.

Itulah beberapa manfaat menulis yang sering terlupakan dan sangat enggan orang lakukan. Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi penulis dan juga bagi pembaca.

No comments: