Pages

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Wednesday 3 June 2015


Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan. Tidur merupakan aktivitas rutin amnusia untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Dengan tidur tubuh kita menjadi lebih segar dan rileks ketika bangun. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk tidur, namun banyak juga dari kita yang lebih menyukai tidur siang dan begadang di malam hari.

Meski terkesan kurang baik ternyata tidur siang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sebenarnya apa sajakah manfaat dari tidur siang ?

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari tidur siang :

1. Daya ingat otak dapat meningkat

Ternyata tidur siang dapat meningkatkan daya ingat otak manusia, tidur siang sangat baik bagi orang yang sudah berumur atau lansia untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat mereka. Selain sangat baik bagi lansia tidur siang juga sangat dianjurkan untuk anak-anak untuk meningkatkan kerja otak dan meningkatkan daya ingat anak-anak.

2. Mencegah insomnia

Sebuah penelitian menyatakan bahwa tidur siang dapat membuat para penderita insomnia atau susah tidur menjadi lebih bugar, hal ini dikarenakan jumlah waktu istirahatnya jadi lebih banyak.

3. Meningkatkan produktivitas kerja

Tidur siang juga memiliki manfaat dapat meningkatkan produktivitas kerja. Jika anda sering mengalami kelelahan saat bekerjasebaiknya disempatkan untuk tidur siang agar produktivitas kerja meningkat.

4. Menyehatkan jantung

Tidur siang juga mempunyai manfaat buat jantung kita, yaitu dapat mencegah terkena penyakit jantung. Tidur siang selama 20 hingga 30 menit setiap harinya dapat mengurangi resiko terkina penyakit jantung dan juga stroke. Waktu untuk tidur siang yang terbaik yaitu antara pukul 1 hingga pukul 3 siang selama 45 menit maksimal, karena jika berlebihan justru akan membuat kepala anda menjadi terasa berat ketika bangun tidur.

5. Menurunkan stress

Tidur siang ternyata juga dapat menurunkan tingkat stress yang anda alami. Suatu penelitian menyebutkan bahwa hormon penyebab stress akan mengalami penurunan secara dramatis setelah melakukan tidur siang, terutama bagi anda yang tidur malamnya kurang nyaman dan lelap.

Itulah beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh kita. Namun anda harus tetap ingat bahwa tidur siang yang baik adlah jangan terlalu lama yaitu sekita 20 hingga 30 menit dan sebaiknya jangan dilakukan sebelum jam 12 siang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya dan terimakasih telah berkunjung pada blog ini. jaga selalu kesehatan anda.

Sumber ; intips-kesehatan.blogspot.com

No comments: