Pages

Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Ambon yang Baik bagi Kesehatan

Friday 26 June 2015

Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Ambon yang Baik bagi Kesehatan. Pisang adalah buah yang sangat familiar di telinga kita. Apalagi bagi masyarakat indonesia, hampir setiap hari bisa menjumpai buah yang satu ini. buah pisang juga hampir tidak mengenal musim. Jadi pada musim apapun kita tidk akan kesulitan menemukan buah pisang ini.

Ada banyak jenis pisang yang ada, mulai dari pisang ambon, pisang kepok, pisang emas dan masih banyak lagi jenis pisang yang lainnya. Buah pisang memiliki rasa manis yang dominan, meski ada beberapa jenis pisang yang memiliki rasa agak asam, namun lebih banyak yang memiliki rasa manis.

Buah pisang bisa dimakan secara langsung ataupun di olah sebagai jenis makanan yang lain. Seperti pisang kepok yang bisa di olah menjadi keripik pisang, pisang bakar, pisang goreng, kolak pisang dan masih banya yang lain.

Baca juga : resep kolak pisang kepok
Buah pisang yang paling enak di makan secara langsung adalah jenis pisang ambon. Pisang ambon memiliki daging buah yang sangat lembut serta rasa yang manis. Di balik rasanya yang manis ternyata pisang ambon memiliki banya kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh kita. Dalam 100 gram buah pisang ambon memiliki kandungan 99 kkal kalori, 1.2 gram protein, 26 gram karbohidrat, 0.2 gram lemak, 0.5 mg zat besi, 8 miligram kalsium, 28 mg fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C serta air.

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada pisang ambon tentu akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita apabila di konsumsi dengan porsi yang tepat. Beberapa manfaat pisanng ambon bagi kesehatan antara lain :

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam pisang ambon dapat membantu melancarkan pencernaan. Dengan lancarnya pencernaan membuat BAB kita menjadi rutin.

Baca juga : manfaat buah pepaya

2. Pisang ambon dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian

Kandungan vitamin B6 pada pisang ambon dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian.

3. Menangkan pikiran yang stress

Pisang ambon juga memiliki kandungan serotonin yang dapat menenangkan serta mengurangi emosi sehingga dapat membantu untuk mengurangi stress.

4. Membantu dalam mencegah terkena osteoporosis

Kandungan kaslium yang cukup tinggi yang terdapat pada pisang ambon terbukti sangat baik untuk mencegah terkena osteoporosis.

5. Mencegah diabetes

Kandungan gula sederhana yang ada pada pisang ambon mudah untuk di cerna oleh tubuh sehingga dapat mencegah terkena diabetes ataupun untuk mengobati diabetes.

6. Sebagai sumber energi

Kandungan kalori pada pisang ambon sanagt baik sebagai sumber energi bagi tubuh kita.

7. Menjaga kesehatan kulit

Masker menggunakan pisang ambon dapat membuat kulit wajah menjadi segar dan bersih. Anda bisa menggunakan masker pisang ambon yang sudah dihaluskan dengan ditambahkan sedikit madu atau susu kemudian digunakan sebagai masker wajah selama 20 menit.

Itulah beberapa manfaat serta kandungan gizi pisang ambon yang baik bagi kesehatan. Jadi jangan malas-malas untuk konsumsi buah dan sayur karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Sumber : http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

No comments: