Pages

Intip fakta mitos kehamilan

Friday 19 June 2015

Intip fakta mitos kehamilan. Hamil menjadi impian setiap perempuan yang telah menikah. Banyak orang yang rela melakukan apa saja agar bisa hamil dan memiliki keturunan. Mulai dari mengkonsumsi makanan-makanan khusus, mengikuti berbagai terapi hingga mengikuti pengobatan herbal.

Di masyarakat kita banyak sekali beredar fakta dan mitos seputar kehamilan, terutama bagi masyarakat jawa. Sebenarnya benar atau tidak fakta dan mitos tentang kehamilan yang sekarang ini berkembang ? bahkan banyak mitos dari kehamilan yang justru membuat para ibu hamil menjadi tidak nyaman dan merasa dibatasi ruang geraknya.

Sebenarnya bukan terpengaruh fakta dan mitos itu sendiri, namun hanya sebagai pengetahuan dan menambah keyakinan tentang penjelasan ilmu medis mengenai fakta dan mitos kehamilan.

Baca juga : camilan sehat untuk ibu hamil

Nah berikut akan di jabarkan beberapa fakta dan mitos kehamilan yang banyak beredar di masyarakat.

1. Larangan mandi dengan air panas

Larang mandi dengan air hangat atau sauna pada faktanya memang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Terutama dengan suhu diatas 38 derajat. Beredam pada air panas dapat berpengaruh tidak baik bagi kesehatan janin.

2. Larangan naik pesawat

Faktanya sebenarnya ibu hamil boleh naik pesawat namun jika usia kehamilan sudah diatas 28 minggu harus menggunakan surat keterangan dokter sesuai dengan ketentuan dan peraturan penerbangan.

3. Larangan memelihara kucing

Sebenarnya tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk memelihara kucing. Yang harus dipastikan saat membersihkan kotoran kucing sebaiknya meminta bantuin orang lain. Karena kotoran kucing dapat menyebarkan virus yang dapat mengakibatkan toksoplasma yang berbahaya bagi kesehatan janin. Agar lebih aman lagi sebaiknya pastikan kucing anda mendapatkan vaksin.

4. Morning sicknes memiliki hibingan dengan IQ bayi

Sekitar 50 persen hingga 90 persen ibu hamil mengalami mual serta pusing di pagi hari terutama diawal masa kehamilan. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa morning sick memiliki kaitan dengan IQ janin.

Baca juga : penyebab mual pada awal kehamilan
5. Bentuk perut dapat menunjkan jenis kelamin janin yang dikandung

Banyak mitos yang berpendapat jika ibu hamil dengan bentuk lonjong biasanya mengandung anak laki-laki, sementara jika bentuk kandungannya bulat dan rata maka ibu mengandung bayi perempuan. Faktanya bebntuk perut saat kehamilan dipengaruhi oleh tonus otot.

Itulah beberapa fakta dan mitos seputar kehamilan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membuat anda semakin bijak dalam menyikapi mitos yang beredar. Terimakasih.

No comments: