Pages

Penyebab Mual Pada Awal Kehamilan

Tuesday 2 June 2015


Penyebab Mual pada Awal Kehamilan. Pada awal kehamilan banyak ibu hamil yang mengalami mual serta muntah, namun sebenarnya apa si penyebab mual pada aawal kehamilan? Mual dan muntah pada awal kehamilan juga dikena dengan istilah morning sickness. Morning sickness ini muncul karena peningkatan kadar hormon estrogen.

Gejala morning sickness ini biasanya muncul di pagi hari dan frekuensinya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Ada beberapa faktor yang dapat mneimbulkan morning sickness pada ibu hamil :

1. Meningkatnya hormon progesteron

Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan pergerakan usus kecil , perut dan dan kerongkongan pada ibu hamil di awal kehamilan yang bisa menimbulkan rasa mual.

2. Meningkatnya hormon chorionic gonadotropin

Peningkatan hormon ini juga berpotensi besar mengakibatkan rasa mual pada ibu hamil.

3. Kurangnya vitamin B6

Kurangnya vitamin b6 dapat menyebabkan morning sickness yang lebih parah.

4. Meningkitkatnya sensitivitas pada beberapa bau menyengat

Peningkatan hormon estrogen juga dapat meningkatkan sensitifitas pada ibu hamil.

5. Stress

Stress juga memiliki peran yang mengakibatkan morning sickness, sebaiknya ibu hamil jangan terlalu stress.

Baca juga : manfaat salak bagi ibu hamil

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab mual pada awal kehamilan selanjutanya kita juga harus mengetahui solusi untuk mengatasi morning sickness ini,

1. Makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan saat belum hamil. Makan dengan porsi besar hanya akan membuat perut mennjadi penuh dan akan memicu terjadinya mual.

2. Selalu sediakan makanan ringan

Makanan ringan bisa menghindari perut kosong pada ibu hamil, sehingga dapat mengurangi mual. Banyak ibu hamil yang menyediakan makanan ringan dikamarnya untuk menghindai mual.

Baca juga : camilan sehat untuk ibu hamil

3. Saat bangun pagi, diusahakan ada jeda istirahat untuk beberapa saat

Ketika bangun pagi sebaiknya ibu hamil jangan langsung beranja dari tempat tidur, sebaiknya anda duduk dulu beberapa menit di tempat tidur baru kemudian bangun secara perlahan.

4. Hindari makanan berlemak dan pedas

Pada saat siang hari biasanya rasa mual yang dialami ibu hamil akan berkurang, namun hal ini tida berarti ibu hamil bisa makan sembarangan, terutama makanan yang pedas dan juga berlemak. Makan pedas serta berlemak selain kurang baik bagi pencernaan juga dapat memicu morning sickness.

5. Perbanyak minum air putih agar ibu hamil bisa terhindar dari gejala dehidrasi.

Itulah beberapa penyebab mual pada awal kehamilan serta cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Sumber : www. Newsfarras.com dan bidanku.com

No comments: