Pages

Tips Membeli dan Memilih Kolang Kaling

Monday 8 June 2015

Tips Memilih Kolang Kaling. Ketika bulan puasa kita akan sangat mudah untuk menjumpai kolang kaling. Tidak hanya di pasar maupun di supermarket, bahkan di warungpun kita bisa dengan mudah menjumpai kolang kling. Kolang kling ini memang lebih banyak di cari ketika musim puasa. Kolang kaling sering dijadikan sebagai bahan pembuat kolak serta aneka minuman segar.

Baca juga : resep kolak pisang kepok

Kolang kaling merupakan biji buah dari pohon aren. Setelah melalui beberapa tahapan pengolahan kolang kaling akan berbentuk lonjong dengan warna putih transparan.

Ketika kolan kling banyak di buru masyarakat, tentu saja ada oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab yang mencari untung dari kesempatan ini. banyak yang menjual kolang kaling kurang segar maupun kolang kaling yang diberi pengawet berbahaya.

Jadi sebagai konsumen sebaiknya kita juga lebih cerdas dan teliti untuk membeli dan memilih kolang kaling. Berikut adalah beberapa tips membeli dan memilih kolang kaling.

1. Memilih kolang kaling

Pilihlah buah kolang kaling yang muda agar saat diolah tetap empuk dan rasanya juga segar. Ciri kolang kaling yang masih muda adalah bentuknya pipih, kenyal, warnanya putih transparan.

Kemudian pilihlah kolang kaling yang tidak berlendir. Kolang kling yang berlendir biasanya sudah direndam terlalu lama dalam air oleh penjual tau sudah tidak segar lagi.

2. Tips menghilangkan bau asam kolang kaling

Kolang kling memang memiliki aroma asam yang lumayan pekat, jika tidak dibersihkan dengan benar saat diolah membuat rasa asamnya tetap pekat dan terkadang malahan menjadi kecut. Untuk menghilangkan bau asam kolang kaling anda bisa merendamnya dengan air cucian beras ataupun menggunakan air kapur sirih selama 30 menit, kemudian cuci bersih menggunakan air. Terkadang jika terpaksa kita mendapatkan kolang kling yang sudah kurang segar sebaiknya kita menciuci kolang kling lebih lama hingga kesat agar ketika di masak kolang kaling tidak terasa kecut.

Itulah beberapa tips membeli dan memilih kolang kaling. Jangan salah membeli kolang kaling yang tidak segar ya bunda, agar hasil masakan kita tetap enak untuk dinikmati.Jangan lupa baca juga manfaat puasa bagi kesehatan.

No comments: