Pages

Tips Membersihkan Lantai Keramik

Thursday 11 June 2015

Tips Membersihkan Lantai Keramik. Lantai merupakan salah satu bagian utama dari sebuah rumah. Banyak kegiatan yang dilakukan diatas lantai. Fungsi utama dari lantai itu sendiri adalah sebagai tempat pijakan kaki, jadi saat lantai kotor akan sangat terasa mengganggu di kaki. Selain itu apabila lantai rumah kita bersih juga pasti akan membuat orang-orang enggan berlama-lama di dalam rumah.

Sekarang ini ada banyak jenis lantai rumah yang biasa digunakan oleh masyarakat umum. Mulai dari lantai tegel, marmer, keramik, hingga lantai dari serat kayu. Beda jenis lantai yang digunakan tentu berbeda juga cara perawatan dan cara membersihkannya.

Kali ini saya akan berbagi tips tentang perawatan lantai keramik. Mungkin di lain kali akan berbagi tips perawatan lantai jenis yang lainnya lagi.

Lantai keramik adalah yang paling banyak kita jumpai. Harga keramik juga sangat bervariasi. Mulai dari yang murah hingga yang berharga mahal. Selain harganya yang sangat bervariasi motif, ukuran serta warna keramik juga sekarang semakin beragam, hal inilah yang menjadi pertimbangan dan alasan banyak orang yang menggunakan lantai keramik.

Tips merawat lantai keramik adalah anda harus lebih rajin menyapu lantai keramik. Karena apabila ada kotoran serta pasir yang terdapat di keramik dapat mengakibatkan keramik mudah tergores serta membuat kilau keramik menjadi mudah pudar.

Usahakan untuk selalu mengepel lantai keramik minimal 3 hari sekali, tapi akan lebih maksimal bila anda mengepel lantai keramik setiap hari. Anda bisa mengepel lantai keramik hanya menggunakan air bersih saja ataupun ditambahkan dengan obat pel, namun jangan terlau banyak karena akan meninggalkan sisa busa yang akan membuat kotoran mudah untuk menempel kembali pada keramik. Lebih baik lagi apabila anda mengepel lantai keramik menggunakan air hangat. Air hangat akan membuat kotoran yang menempel pada keramik mudah terangkat.

Gunakan kain pel yang bersih, mudah menyerap air seta lembut. Jangan menggunakan kain pel yang kasar karena dapat menyebabkan goresan pada lantai keramik anda. Jangan lupa juga untuk memeras kain pel agar airnya tida berlebihan dan mudah kering.

Jangan bosan untuk mengganti air bilasan pel apabila telah keruh. Air yang sudah keruh tidak akan membersihkan lantai keramik anda justru hanya akan menyebarkan bakteri dan kotoran pada lantai keramik anda.

Demikian beberapa tips membersihkan lantai keramik agar tetap bersih dan kinclong. Jangan pernah malas untuk membersihkan lantai rumah anda karena dengan lantai yang kotor akan membuat bakteri dan kuman mudah berkembang biak dan sangat membahayakan kesehatan keluarga anda.

Sumber : jadibersih.com

1 comment:

Unknown said...

wah makasih tipsnya. kain pel yang bagus bentuknya kaya gimana ya? apa nggak ngaruh yg penting lembut aja?