Pages

Saat Diare Hindari Makanan Berikut!

Tuesday 9 June 2015


Saat Diare Hindari Makanan Berikut. Ketika sedang diare tentu saja akan mengganggu aktivitas kita. Salah satu penyebab diare yaitu berasal dari makanan. Terutama bagi orang-orang yang terkena sakit inflamasi usus. Makanan sudah terkontaminasi bakteri, racun serta virus dapat menyebabkan diare.

Diare tidak hanya membuat kita merasa tidak nyaman karena harus bolak balik kamar mandi, tetapi juga diare bisa juga mengakibatkan dehidrasi dan bisa mengakibatkan kematian. Untuk menghindari atau meminimalisir terkena diare sebaiknya cuci tangan sebelum makan, setelah buang air besar dan air kecil, rutin memotong kuku dan lain sebagainya.

Namun meskipun kita sudah menjaga kebersihan terkadang diare masih saja menyerang. Karena memang ada beberapa makanan yang dapat memicu terkena diare. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa memicu diare seperti yang dilansnir oleh boldsky :

1. Buah-buahan bercitrus

Buah-buahan bercitrus seperti jeruk memiliki sifat asam yang kuat. Buah-buahan dengan sifat asam bisa menyebabkan stress pada saluran pencernaan serta diare. Jadi ketika anda sedang diare sebaiknya hindari mengkonsumsi jeruk karena akan memperparah diare anda.

2. Kol atau kubis

Kubis memiliki kandungan sera alami serta sulfur yang mengarah pada pembentukan gas serta lambat dicerna oleh tubuh. Itulah sebabnya kubis dapat menyebabkan diare.

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan serat tidak larut yang dapat membentuk gas di dlam sistem pencernaan. Banyaknya kandungan gas dapat mengakibatkan perut menjadi kembung.

4. Kacang-kacangan

Salah satu pemicu diare yang paling sering adalah jenis makanan kacang-kacangan, hal ini karena kacang-kacangan lebih sulit dicerna. Selain itu kacang-kacangan juga bisa mengakibatkan perut kembung serta diare.

5. Makanan yang pedas

Makanan yanng pedas serta berminyak tidak mudah dicerna oleh tubuh. Makanan yang pedas dan berminyak juga dapat menyebabkan berbagai masalah lambung serta mempengaruhi pergerakan usus.


6. Susu

Susu dapat mengakibatkan diare terutama bagi orang-orang yang memiliki gangguan atau menderita intoleransi laktosa. Apabila menderita intoleransi laktosa sebaiknya ketika diare anda menghindari susu dan berbagai jenis olahan susu.

7. Kafein

Kafein bisa menyebabkan gangguan pencernaan, bisa mengakibatkan kontraksi pada perut serta mengakibatkan sering buang air besar. itulah alasan mengapa kita harus membatasi konsumsi kafein.

8. Jus buah

Jus buah banyak mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Apabila anda sering mengalami diare sebaiknya kurangi makanan dengan kandungan fruktosa yang berlebihan.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari ketika sedang diare. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

No comments: