Pages

Khasiat dan Manfaat Kunyit

Monday 29 June 2015

Khasiat dan Manfaat Kunyit. Kunyit adalah salah satu rempah-rempah khas indonesia. Kunyit salah satu bumbu dapur yang jarang absen saat kita masak. Terutama untuk memasak daging, ayam maupun jenis ikan. Kunyit biasanya dipake untuk menghilangkan rasa anyir.

Selama ini kita hanya familiar dengan jenis kunyit yang berwarna kuning saja. Bahkan yang sering di pake untuk menjual jamu gendong juga kunyit yang berwarna kuning. rasanya yang agak sedikit pahit biasanya dijadikan sebagai obat asam lambung ataupun sebagai obat nyeri saat menstruasi.

Ternyata kunyit tidak hanya berwarna kuning saja. Kunyit juga ada yang berwarna putih. Perbedaan kunyit putih dan kunyit kuning ini terlihat jelas pada warna daging buahnya. Kunyit kuning maupun kunyit putih sama-sama memilki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat kunyit bagi kesehatan serta kecantikan tubuh kita :

1. Menjaga kesehatan lambung

Kunyit memang identik sebagai obat alami penyakit lambung seperti maag. Kunyit lebih sering di manfaatkan untuk pengobatan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. Hal ini karena kunyit bisa mencegah infeksi bakteri, sehingga mengkonsumsi kunyit bisa mengurangi infeksi pad lambung

Baca juga : obat alami sakit maag dan asam lambung

2. Menyembuhkan amandel

Konsumsi kunyit secara teratur dapat membuat amandel menjadi menyusut

3. Meredakan batuk

Konsumsi kunyit juga bisa membantu dalam meredakan batuk

4. Menjaga kesehatan jantung

Dalam kunyit terdapat zat anti oksidan dan juga anti inflamasi yang mampu mencegah terkena serangan jantung pasca operasi bypass.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor

Kunyit juga di klaim dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor.

6. Dapat mencegah terjadinya penuaan dini

Penggunaan kunyit sebagai masker dapat membabntu untuk memulihkan kerutan serta mencegah penuaan dini

7. Mencegah kerontokan rambut

Parutan kunyit yang dioleskan pada kulit kepala dapat membnatu mencegah kerontokkan rambut.

8. Dapat menghaluskan kulit serta mengangkat sel-sel kulit yang mati

Parutan kunyit yang sudah dicampur dengan minyak kelapa dan dijadikan scrub pada kulit yang kasar dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit menjadi halus.

Baca juga : manfaat kuaci bunga matahari

9. Sebagai obat jerawat dan kulit berminyak

Penggunaan kunyit sebagai masker tidak hanya dapat mencegah penuaan dini tetapi juga dapat membantu mengobati jerawat serta mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat kunyit yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Namun dari banyaknya khasiat serta manfaat kunyit pengkonsumsian kunyit secara berlebih juga dapat menimbulkan efek samping seperti menyebabkan gangguan pada rahim, efek terbakar pada lambung, serta efek kemoterapi.

Apapun jika digunakan secara berlebih memang tidak akan baik. Jadi sebaiknya kita bisa lebih bijaksana dengan mengkonsumsi kunyit sesui dengan kebutuhan saja serta dalam batas yang wajar. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

No comments: