Pages

Membiasakan Anak untuk Bangun Pagi

Friday 12 June 2015

Membiasakan Anak untuk Bangun Pagi. Bangun pagi bukan hanya masalah yang biasa dihadapi oleh anak. Bahkan orang dewasa pun masih banyak yang kesusahan saat harus bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Para bunda biasanya kesulitan ketika membiasakan anak bangun pagi.

Ketika sang anak susah bangun terkadang juga banyak bunda yang tidak tega untuk membangunkan buah hati mereka. Hal ini yang jusru akan menjadi bumerang bagi sang anak, karena anak akan menjadi terbiasa untuk bangun siang dan akan lebih susah untuk bangun pagi.

Baca juga : manfaat bangun pagi

Sebenarnya untuk bangun pagi, bunda juga sudah harus membiasakan anak bangun pagi agar tidak kesusahan untuk membangunkan anak di pagi hari. Bagi bunda yang masih kesulitan menemukan cara untuk membiasakan anak bangun pagi, berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa bunda coba untuk membiasakan anak bangun pagi.

1. Pasang atau nyalakan alarm

Bukan hanya untuk orang dewasa saja. Ana kecil juga sudah harus dibiasakan dengan alarm. Bunyi alarm pasti akan mengganggu tidur sang anak sehingga mau tidak mau dia akan bangun. Lakukan hal ini setiap hari agar menjadi kebiasaan anak untuk bangun pagi.

2. Hilangkan rasa nyaman

Biasanya anak akan malas bangun pagi karena masih merasa nyaman dengan kasur dan selimutnya, apalagi ketika musim hujan ataupun musim dingin, tentu saja bangun pagi menjadi aktifitas yang akan sulit di lakukan oleh anak. Untuk mengatasi hal ini, bunda bisa mencoba dengan menghilangkan atau menyingkirkan hal-hal yang membuat anak nyaman ditempat tidurnya. Seperti mengambil selimutnya ataupun dengan membuaka jendela kamar sehingga akan membuat anak kehilangan rasa nyamannya dan akan segera bangun.

Baca juga : penyebab bayi tidur tidak nyenyak

3. Memberikan sugesti pada anak

Sugesti sama saja dengan hipnotis. Bisikkan sugesti pada anak ketika anak hendak tidur saat anak mulai akan terlelap, bisikan kepada anak anda misal dengan kata-kata “besok bangun pagi jam 6 ya sayang “ bisikan bunda akan terekam di alam bawah sadar anak yang akan membuat anak mudah untuk bangun pagi.

4. Berikan konsekuensi

Mungkin ada saatnya bunda sesekali mengajarkan pada anak tentang tanggung jawab. Sesekali biarkan anak tidur sampai siang sehingga ia akan terlambat sekolah atau bahkan tidak masuk sekolah yang akan membuatnya ketinggalan materi pelajaran di sekolah. Dengan begitu akan membuat anak mengerti akan konsekuensi bila dia bangun siang yang akan membuatnya malu karena telat ke sekolah ataupun bolos sekolah, sehingga anak mau untuk bangun pagi.

5. Lakukanlah secara rutin

Apapun bila dilakukan secara rutin pasti akan menjadi kebiasaan dan akan menjadi mudah dilakukan. Jadi bunda harus telaten untuk selalu membiasakan anak bangun pagi.

Demikian tadi beberapa tips sederhana untuk membiasakan anak bangun pagi. Semoga saja bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya bunda.

No comments: