Pages

Manfaat bawang putih

Monday 1 June 2015


Manfaat bawang putih selain sebagai bumbu masakan terjadi juga memiliki manfaat yang lain bagi kesehatan tubuh kita. Bawang putih termasuk salah satu jenis umbi-umbian. Bawang putih menjadi semakin terkenal karena diketahui memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk mencegah penyakit kanker.

Namun masih ada lagi manfaat bawang putih yang lain, seperti yang akan diuraikan pada artikel ini :

1. Bawang putih sebagai obat

Bawang putih mengandung zat alicin yang sudah biasa digunakan sebagai obat. Zat alicin dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan, mencegah hipertensi, mengencerkan darah, zat anti kanker, anti mikroba seerta antioksidan. Zat alicin ini juga yang memberi aroma khas dari bawang putih. 


2. Sebagai obat herbal anti kanker

Bawang putih memiliki kandungan zat sulfida alil yang bermanfaat sebagai obat herbal anti kanker. Zat sulfida alil ini dapat menghambat pertumbuhan serta transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kanker payudara.

3. Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Sudah banyak riset dan penelitian yang membuktikan bahwa manfaat bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7 sampai 8 persen.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Bawang putih mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara signifikan.

5. Sebagai sumber antioksidan, antivirus dan anti bakteri

Kandungan dalam bawang bawang putih dipercaya sangat ampuh sebagai anti bakteri serta anti virus. Bawang putih juga memiliki manfaat sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

6. Sebagai bahan kecantikan kulit

Bawang putih ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga manfaat bawangputih untuk kecantikan. Bawang putih dipercaya mampu menghilangkan komedo dengan cara mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada daerah yang terdapat komedo. Manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit berikutnya adalah dapat menghilangkan bekas luka, caranya dengan mengoleskan bawang putih pada bekas luka. 


Manfaat yang lain adalah sebagai obat jerawat. Caranya dengan mengoleskan satu buah bawang putih yang sudah dihaluskan pada jerawat dan diamkan selama 10 menit, lakukan ini sebelum tidur. Maka jerawat agar segera kempes.

7. Mencegah penyakit alzheimer dan demensia

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat mendukung mekanisme perlindungan tubuh kita terhadap kerusakan oksidatif.

8. Menurunkan berat badan

Bawang putih memiliki kandungan zat antiinflamasi yang dapat membantu dalam mengatur sel lemak yang ada dalam tubuh kita.

9. Mengobati sakit gigi

Kebanyakan kasus sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi. Sifat anti bakteri dan antivirus pada bawang putih dapat membasmi bakteri yang ada pada gigi yang menyebabkan sakit gigi. Bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang dapat mengurangi sakit gigi.

Demikianlah artikel mengenai manfaat bawang putih bagi tubuh kita. Ternyata banyak sekali manfaat bawang putih, bukan hanya bagi kesehatan tetapi bawang putih juga bermanfaat bagi kecantikan kulit kita. Terimakasih telah berkunjung .

Sumber : manfaat.co.id

No comments: