Pages

Tips Cara Merawat Baju Rajut

Sunday 31 May 2015


Tips Merawat Baju Rajut. Baju rajut kini mulai banyak diminati oleh masyarakat, hal ini dikarenakan adanya demam korea yang sedang melanda negara kita. Banyak para artis korea yang cantik mengenakan pakaian rajut. Selain itu model baju rajut juga semakin beragam dan inovatif. Bila dulu baju rajut lebih terkesan pada pakaian hangat atau cocok di pakai di daerah dingin dan pakian untuk orang sakit, kini baju rajut sudah menjadi salah satu trend fashion yang sedang naik daun.

Seiring dengan perkembangan trend fashion dan jaman, kini bahan baju rajut sudah ada yang terbuat dari katun, sehingga nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Namun dibalik indahnya baju rajut, ternyata cara merawat baju rajut juga perlu perlakuan khusus dan berbeda dengan bahan pakaian yang lain seperti katun ataupun kaos. Sebab bila ada satu helai saja benang rajut yang putus, maka akan cepat merembet ke semua rajutan. Cara mencuci bau rajut yang kurang benar juga dapat membuat baju rajut menjadi melar atau bahkan menyusut dari bentuk semula.

Salah satu tips saat membeli baju rajut adalah sebaiknya membeli baju rajut yang telah di washing garment atau yang sudah di cuci terlebih dahulu oleh perusahaan pembuat baju rajut tersebut. Hal ini bisa ditandai dengan benangnya yang lebih lembut, sedangkan yang belum dicuci biasanya porinya lebih renggang dan tektur benangnya lebih kasar. Biasanya baju rajut yang dibeli belum washing garment, saat di cuci ukurannya akan mengecil satu ukuran. Yang tadinya ukuran M bisa menjadi S.

Baca juga : jenis bahan gamis

Berikut adalah beberapa tips untuk mncuci dan merawat baju rajut :

1. Gunakan air dingin untuk mencucui baju rajut.

2. Baju rajut sebaiknya dimasukkan ke dalam mesin pengering setelah baju rajut dicuci, hal ini dilakukan karena bahan baju rajut sangat mudah menyerap air, setelah itu baju rajut cukup diangin-anginkan saja.

3. Saat menjemur baju rajut, jangan digantung, menggantung atau menjepit baju rajut dalam keadaan basah dapat membuat bentuk baju rajut menjadi jelek. Selain itu menggantung baju rajut dalam keadaan basah juga akan membuat bentuk bahu baju rajut menjadi turun.

4. Jangan menjemur di bawah sinar matahari secara langsung karena dapat merusak warna baju rajut.

5. Jangan menyetrika baju rajut dengan suhu yang panas, gunakan suhu rendah.

6. Apabila terdapat benang rajutan yang lepas, jangan di gunting atau ditarik, karena akan membuat benang rajutan yang lepas menjadi semakin panjang. Anda cukup menyelipkan benang tersebut mengikuti jelujur sebelumnya dengan menggunakan jarum jahit.

7. Untuk menyimpan baju rajut juga sebaiknya disimpan dengan cara dilipat dan jangan digantung.

Baca juga : tips merawat celana jeans

Itulah beberapa tips untuk merawat baju rajut agar bentuknya tetap bagus dan warnanya tidak mudah pudar. Terima kasih telah berkunjung.

Sumber : intips-busana.blogspot.com

No comments: