Pages

Cara Membuat Cumi Goreng Tepung

Friday 29 May 2015


Cara Membuat Cumi Goreng Tepung. Cumi adalah salah satu hasil laut yang kaya akan gizi. Kandungan dalam cumi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Memasak cumi ternyata juga tida serumit yang dibayangkan, namun juga tidak boleh diremehkan, karena salah mengolah cumi akan membuat cumi menjadi alot seperti makan karet.

Untuk mendapatkan hasil masakan cumi yang enak dan empuk sebaiknya anda juga memperhatikan kualitas cumi yang anda beli. Belilah cumi yang masih segar. Disini kami akan membagikan resep membuat cumi goreng tepung yang renyah dan krispi.


Resep cumi goreng tepung

Bahan yang dibutuhkan :

- 750 gr cumi segar, bersihkan. Buang tinta cumi dengan hati-hati agar tinta cumi tida pecah di dalam. Potong cumi bulat-bulat seperti bentuk cincin agar membuat tampilan cumi goreng anda menjadi lebih menarik.

- Perasan air jeruk nipis sebanyak 1,5 sdm dari 2 buah jeruk nipis

- Telur ayam 1 butir

- Bubuk kaldu ayam 1 sendok teh

- Tepung terigu sebanyak 150 gr

- Garam secukupnya

- 1 sdt jahe yang sudah diparut

- Merica bubuk secukupnya

- 2 siung bawang putih, dihaluskan

- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat cumi goreng tepung

- Rendam cumi yang sudah dipoton dengan bentuk lingkaran tadi dalam perasan air jeruk nipis.

- Buatlah adonan pencelup cumi goreng tepung dalam tempat yang berbeda, campurkan tepung terigu, jahe, mmerica, garam, bawang putih serta kaldu ayam . kemudian di aduk rata.

- Kemudian tambahkan 1 butir telur pada adonan tadi dan di aduk hingga rata kembali

- Lalu masukkan potongan cumi yang berbentuk lingkaran tadi ke dalam adonan tepung. Pastikan semua bagian cumi tertutup tepung.

- Panaskan minyak goreng diatas api sedang

- Gorenglah cumi pada minyak yang sudah panas. Tunggu hingga berwarna kecoklatan dan matang. Namun anda jangan menggorengnya terlalu lama karena akan membuat cumi menjadi alot.

- Angkat dan tiriskan minyaknya, anda dapat menyajikan cumi goreng tepung ini dengan saos atau sambal kegemaran keluarga anda.

Sedikit tips untuk mendapatkan cumi goreng tepung yang renyah, anda bisa memukul-mukul daging cumi sebelum di redam dengan air jeruk, namun jangan terlalu keras seperlunya saja, karena pukulan terlau keras justru akan merusak daging cumi itu sendiri.

Demikian tadi resep dan cara membuat cumi goreng tepung yang renyah. Tidak terlau sulit bukan? Selamat mencoba, dan semoga hasil masakan anda disukai oleh keluarga.baca juga resep nasi goreng ala anak kos.

Diambil dari berbagai sumber.

No comments: