Pages

Penyakit yang Sering Dialami Bayi

Tuesday 26 May 2015


Penyakit yang Sering Dialami Bayi. Sudah tahukah bunda beberapa penyakit yang sering dialami bayi? Memiliki bayi tentu saja menjadi dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Kehariannya diibaratkan sebagai malaikat kecil yang membawa banyak kebahagiaan di dalam keluarga. Mahluk kecil yang lucu ini memang rentan terkena sakit. Namun sudah tahukah anda beberapa penyakit umum yang biasa dialami oleh buah hati anda?

Bayi bisa mengalami beberapa penyakit umum ini sekali bahkan mungkin beberapa kali dari mulai dia lahir hingga berusia 12 bulan. Lalu apa sajakah penyakit yang sering dialami oleh bayi?

Berikut adalah beberapa penyakit umum yang biasa dialami oleh bayi :

1. Sembelit

Apabila bayi kesayangan anda tidak mengalami pup selama 3 hari atau bahkan lebih dan bayi anda susah pup serta pupnya keras itu berarti bayi anda mengalami sembelit.

2. Batuk pilek

Sistem imun bayi masih belum terbentuk dengan sempurna dan masih berkembang serta banyaknya benda-benda disekitar bayi yang banyak mengandung virus, inilah sebabnya bayi akan mudah terkena batuk pilek.
baca juga : penyebab bayi rewel
3. Diare

Diare dapat disebabkan oleh virus, reaksi pada antibiotik dan alergi pada makanan. Pemberian jus buah yang berlebihan pada bayi juga dapat menyebabkan diare. Seperti yang disarankan oleh american academy of pediatrics agar tida memberikan jus pada bayi secara berlebihan sebelum bayi berusia 6 bulan.

4. Infeksi telinga

Bayi akan lebih mudah terkena resiko infeksi pada telinga apabila ia sering terpapar asap rokok, memakai dot dalam jangka waktu yang lama serta meminum susu dari dalam botol ketika bayi tidur.

5. Muntah

Apabila bayi anda muntah bisa jadi itu adalah tanda adanya penyakit yang lebih serius pada bayi anda ataupun alergi pada makanan atau minuman.

6. Iritasi pada daerah yang terkena popok

Kulit bayi sangat lembut dan masih sangat sensitif. Meskipun bayi sudah menggunakan popok yang dapat menyerap pipis dengan baik tetap saja bayi mudah terkena ruam kulit pada bagian yang terkena popok.
baca juga : tips aman gendong bayi baru lahir

Tidak ada satupun orang tua yang sanggup tidur dengan nyenyak ketika bayi mereka sakit. Jadi jaga terus kesehatan bayi anda dan selalu berikan perhatian dan pengawasan yang baik pada bayi anda.

No comments: