Pages

Bahaya Marah Bagi Kesehatan

Thursday 21 May 2015


Bahaya Marah Bagi Kesehatan. Apakah anda termasuk pribadi yang suka marah-marah? Dan sudah tahukah anda apa saja dampak dari marah-marah yang biasa anda lakukan? Mungkin selama ini anda mengabaikan mengenai bahaya marah bagi kesehatan anda. Mungkin anda hanya berpikir bahwa marah hanya berpengaruh bagi emosi anda dan tidak memiliki dampak apapun bagi kesehatan anda.

Namun sebenarnya marah memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan anda. Selain tidak baik bagi pikiran anda marah juga sangat berbahaya bagi tubuh anda. Dampak bahaya marah dalam jangka pendek yaitu akan membuat tekanan darah anda meningkat dan jantung jadi berdetak lebih cepat, suhu tubuh meningkat sehingga mudah berkeringat, tubuh menjadi terasa letih, serta dapat membuat keputusan yang salah jauh lebih besar ketika seseorang dalam keadaan marah.

Berikut akan diuraikan beberapa dampak dari marah dan bahayanya marah bagi kesehatan anda.

1. Marah dapat mengakibatkan hipertensi

Ketika marah, maka tekanan darah akan meningkat, dan saat tekanan darah meningkat juga akan membahayakan bagi kesehatan jantung anda.

2. Stress

Marah juga dapat mengakibatkan stress dalam jangka yang panjang. Dan stress merupakan penyebab dari beberapa penyakit yang dapat hinggap di tubuh anda, seperti asam lambung, diabetes, depresi, penyakit jantung.

3. Melemahnya sistem kekebalan tubuh

Ketika seseorang marah, maka akan membuat otot-otot dalam tubuhnya menjadi tegang, dan akan membuat kelelahan pada tubuh yang bisa menurunkan metabolisme tubuh menurun. Dengan menurunnya metabolisme tubuh menurun akan membuat kekebalan tubuh anda menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

4. Gangguan tidur

Marah akan membuat hormon bergejolak yang bisa berdampak membuat anda menjadi sulit untuk tidur. Padahal tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh anda.

5. Sakit kepala

Dalam keadaan marah akan membuat pembuluh darah yang berada di otak menjadi berdenyut dengan tidak teratur, hal ini yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika anda mengalami sakit kepala ketika anda marah-marah sebaiknya anda segera menenangkan diri anda untuk mengurangi rasa sakit kepala.

6. Penyakit jantung

Serangan jantung dapat terjadi ketika seseorang dalam keadaan sangat emosional, sangat bersemangat atau dalam keadaan sangat marah. Marah adalah salah satu penyebab paling berbahaya seseorang terkena serangan jantung.

7. Melemahkan kerja otak

Marah juga dapat menyebabkan melemahnya kerja otak yang dapat menyebabkan kerja fungsi otak menurun drastis. Saat seseorang marah, darah di dalam otak akan berkurang karena darah lebih banyak dialirkan ke otot-otot besar. itulah sebabnya mengapa ketika seseorang dalam keadaan marah menjadi sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengontrol tindakan.

Itulah beberapa dampak dan bahaya marah bagi kesehatan anda. Setelah anda tahu betapa berbahayanya marah bagi kesehatan tubuh anda, sebaiknya anda lebih bisa mengontrol emosi anda agar anda tetap sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

No comments: