Pages

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Friday 22 May 2015


Manfaat buah salak untuk ibu hamil ternyata masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Selama ini masyarakat masih memandang sebelah mata buah salak, mereka hanya menganggap salak sebagai buah yang tidak terlalu menarik buat mereka. Mungkin anggapan itu muncul karena tampilan buah salak yang kurang menarik dibandingkan dengan buah yang lain, terutama bagi anak-anak.

Namun dibalik bentuknya yang kurang cantik ternyata buah salak memiliki banyak manfaat buat ibu hamil. Salah satu manfaat buah salak adalah dapat membantu mengatasi rasa mual yang sering dialami para ibu hamil, terutama ketika masih hamil muda. Namun anda juga jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena apapun yang di konsumsi dalam jumlah berlebih juga malahan tidak akan baik. Sebaiknya anda mengkonsumsi buah salak ini secukupnya saja.

Dr. Hendrawan mengungkapkan manfaat buah salak adalah untuk kesehatan mata. Perawatan untuk kesehatan mata sebaiknya dimulai sejak masih kecil, bahkan seja masih dalam kandungan.

1. Kandungan buah salak

Buah salak mengandung zat tanin yang dapay digunakan sebagai obat anti diare. Namun zat tanin ini juga dapat menyebabkan konstipasi terutama bagi ibu hamil. Karena alasan ini maka disarankan ibu hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah salak. Pada ibu hamil, konstipasi bisa disebabkan oleh meningkatnya hormon, kurangnya asupan serat dan air, pemberian suplemen zat besi , kebiasaan menunda buang air besar serta kurangnya aktivitas si ibu hamil. 

baca : manfaat jambu air

2. Manfaat kulit ari salak

Ketika anda memakan buah salk sebaiknya jangan membuang kulit ari buah salak, yaitu lapisan tipis di dalam buah salak. Kulit ari ini mengandung banyak serat yang sangat baik untuk memperlancar proses BAB.

Bagi anda penderita radang usus dan juga maagh sebaiknya menghindari konsumsi buah salak karena kandungan tanin dalam buah salak bisa memperparah kondisi usus yang luka dan sulit dicerna. Selain penderita maagh dan radang usus, bagi penderita tifus serta beberapa jenis penyakit yang diharuskan untuk diet rendah serat seperti talesmia, juga dianjurkan untuk menghindari buah salak. Kandungan zat besi dalam buah salak dapat membahayakan bagi penderita talesmia, karena penumpukan zat besi dapat membahayakan organ limpa.

Itulah manfaat buah salak untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat buat para calon ibu dan para perempuan yang akan segera menikah. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

No comments: