Pages

Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur

Sunday 3 May 2015

Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur. Tidur sangat penting bagi bayi. Jika bayi anda termasuk yang sulit tidur, sebaiknya anda mencari penyebabnya dan cara mengatasi bayi sulit tidur.

Berikut adalah hal yang menjadi penyebab bayi sulit tidur. Cari tahu penyebabnya , karena tidur sangat penting bagi bayi anda. Itulah sebabnya ayah dan bunda sebaiknya berusaha untuk memenuhi kebutuhan tidurnya. Jika kebetulan bayi anda sulit tidur, carilah penyebabnya dan coba mengatasinya. Berikut akan disampaikan beberapa hal yang menyebabkan bayi sulit tidur :



1. Lapar

Jika penyebabnya adalah lapar, maka bayi anda akan tertidur pulas setelah anda berikan susu.

2. Tidak nyaman dengan bajunya

Kenakanlah baju tidur dengan ukuran yang sesuai tubuh bayi( jangan terlalu besar atau terlalu kecil), serta terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat.

baca juga : Tips aman gendong bayi baru lahir

3. Tubuhnya kotor atau tidak segar

Bayi merasa tidak nyaman dengan tubuhnya yang terasa lengket karena keringat. Basuhlah tubuh bayi dengan waslap yang di basahi dengan air hangat. Jika perlu oleskan minyak telon pada perut dan punggung bayi, serta sapukan bedak pada lipatan kulit bayi. Periksa juga apakah popoknya basah, jika iya segera ganti dengan popok yang bersih.

4. Suasana kamar tidak nyaman

Kamar tidur bayi harusnya memiliki tata cahaya dan ventilasi yang baik. Suhunya pun tidak terlalu panas atau dingin. Selain itu, jangan penuhi boks bayi dengan aneka mainan.

5. Terlalu banyak memberikan stimulasi yang menyenangkan hati bayi

Campuran antara rasa senang dan lelah bisa membuat bayi susah memejamkan mata. Jadi upayakan untuk tidak mengajaknya bermain dekat dengan waktu ia harus tidur, ataupun saat ia sudah mengantuk.

6. Ada gangguan kesehatan

Tangisan yang lama dapat mengindikasikan adanya penyakit atau gangguan kesehatan pada bayi, misalnya saja demam, kolik, atau pun gumoh berlebihan. Jika perlu bawalah bayi segera ke dokter. Bedakan siang dan malam. Setelah anda mengatasi gejala bayi sulit tidur, mungkin langkah berikutnya bisa membuat bayi cepat tidur.

baca juga : penyebab bayi tidur tidak nyenyak

a. Beri bayi kecupan, belaian rasa sayang, dan nyanyikan senandung yang lembut yang bisa menjadi penghantar tidur bayi.

b. Ajarkan bahwa waktu tidur telah tiba. Misalnya dengan meredupkan atau mematikan lampu kamar bayi, mengurangi suara bising, obrolan dan juga kontak mata, dan hanya mengganti popok bayi seperlunya saja. Bayi baru lahir memang belum bisa membedakan waktu siang dan waktu malam. Bagi seorang bayi, membiasakan diri mereka untuk tidur dengan waktu lumayan pendek di siang hari dan tidur sepanjang malam hari, merupakan sebuah keterampilan yang harus dipelajari. Satu hal yang harus anda yakini, bayi akan cepat belajar dan menyesuaikan diri mereka. So , bersikaplah tetap santai dan fleksibel selama tidak jauh melenceng dari pola tidur yang anda harapkan. Misalnya anda mungkin harus bangun 1-2 kali dalam semalam untuk menyusuinya. Pada waktunya nanti, baik anda maupun bayi, sama-sama bisa tidur dengan puas.

No comments: