Pages

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis

Saturday 5 September 2015

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis. Suatu aplikasi dibuat pasti dengan tujuan tertentu yang hendak di capai. Begitu juga dengan sistem informasi geografis yang sengaja dirancang untuk dapat memenuhi tujuan tertentu. sistem informasi geografis tidak hanya di kembangkan dan di manfaatkan untuk kepentingan geografis saja, namun banyak bidang lain juga yang memanfaatkan sistem informasi geografis.

Baca juga : pengertian sistem informasi geografis
Beberapa pemanfaatan sistem informasi geografis dalam beberapa bidang menurut Yousman :

1. Bidang pendidikan

Sistem informasi geografis digunakan untuk membantu menentukan lokasi sekolah, untuk membuat sistem informasi pendidikan, dan juga sebagai alat bantu dalam pemahaman pada sebuah pembelajaran geografi.

2. Bidang telekomunikasi

Dalam bidang telekomunikasi, sistem informasi geografis di manfaatkan untuk perencanaan, analisis perluasan jaringan, dan pemeliharaan. Selain itu sistem informasi geografis juga di manfaatkan untuk membuat sistem informasi pelanggan dan juga pembuatan fasilitas umum seperti wartel, telepon umum dan juga warnet.

3. Bidang transportasi dan perhubungan

Dalam bidang ini, sistem informasi geografis dimanfaatkan dalam manajemen pemeliharaan dan juga perencanaan perluasan jarningan transportasi , penentuan jalur transportasi yang paling efektif, inventarisasi jaringan transportasi, dan juga analisis rawan macet serta bahaya kemacetan.

4. Bidang ekonomi, bisnis dan juga marketing

Dimanfaatkan untuk menentukan lokasi bisnis yang prospektif untuk di bangun pasar, bank, kantor cabang dan sejenisnya dengan memperhatikan lokasi pelanggan.

5. Bidang geologi, pertambabngan, perminyakan

Dimanfaatkan untuk menentukan lokasi geo;logi, pertambabnganserta perminyakan dengan memperhitungkan keamanan para pekerja tambang serta kelestarian lingkungan.

6. Bidang militer

Sistem informasi geografis di butuhkan dalam penyediaan data spasial untuk menganalisis rute perjalanan logistik da juga peralatan perang, pembuatan peta elektronik dengan dihubungkan pad radar yang mendeteksi kendaraan maupun pesawat militer musuh.

7. Bidang lingkungan

Melakukan analisis dan juga pemantuan limbah berbahaya, pencemaran udara, pencemaran sungai, air, evaluasi pengendapan lumpur.

8. Bidang perencanaan

Membantu untuk merencanakan pemukiman transmigrasi, perencanaan kota, tata ruang wilayah, pengembangan desa tertinggal, perencanaan relokasi industri dan lainnya.

9. Bidang perpajakan

Dimanfaatkan untuk memperkirakan potensi pendapatan sektor pajak bumi dan bangunan.

10. Bidang sumber daya alam

Bermanfaat untuk inventarisasi, manajemen dan juga kesesuaian lahan untuk perkebunan, pertanian, perencanaan tata guna lahan, analisis daerah rawan bencana dll.

11. Bidang hidrografi dan kelautan

Dimanfaatkan dalam kegiatan inventarisasi dan juga manajemen stasiun pemangatan pasang surut, manajemen daerah pesisirpantai, daerah wisata laut. Taman laut dan lain sebagainya.

12. Bidang kesehatan

Menentukan distribusi persebaran suatu penyakit , model atau pola penyebaran penyakit.

13. Bidang utilitas

Inventarisasi dan manajemen informasi jaringan pipa air minum, SI pelanggan air minum, perencanaan serta perluasan jaringan pipa air minum.

Baca juga : komponen sistem informasi geografis

Sistem informasi geografis memilili kemampuan dalam beberapa hal sebagai berikut ;

a. Mencari lokasi yang memenuhi syarat ataupun kriteria tertentu

b. Menyajikan kecenderungan perubahan / perkembangan dari suatu fenomena

c. Menganalisis pola suatu fenomena

d. Membuat model keruangan

e. Mencari dan menunjukan lokasi objek tertentu serta memberikan keterangan tentang objek tersebut.

Semoga pembahasan mengenai pemanfaatan sistem informasi geografis ini bermanfaat dan menambah perbendaharaan wawasan anda. Terimakasih telah berkunjung.

9 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

wahh,ternyata dalam bidang perpajakan sig juga bisa diterapkan untuk menentukan potensi pendapatan sektor pajak bumi dan bangunan :).. terimakasih infonya.. sangat bermanfaat :)
kunjungi juga website saya di https://ailen.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

dalam bidang militer ternyata SIG dalam pembuatan peta elektronik dengan dihubungkan pad radar yang mendeteksi kendaraan maupun pesawat militer musuh...

wah sangat keren menurut saya
terimakasih....
dan Kunjungi Juga Website saya https://yeladevista.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

terima kasih gan sudah berbagi tentang pemanfaat GIS di berbagai bidang

oh ya gan website saya https://flashpackers.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

terimakasih gan banyak sekali manffat dari artikel ini
kalo berkenan kunjungi web site saya : https://alisiadwikartini.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

Putri K said...

banyak sekali manfaat GIS dalam berbagai bidang, yg menarik bagi saya adalah untuk bidang marketing dan militer dimana marketing menganalisa lokasi yg memiliki banyak prospek kedepannya serta militer yg menganalisa lokasi dan wilayah pertahanan serta peta yg digunakan untuk mendeteksi pesawat musuh yang berada di wilayahnya. terima kasih infonya, ditunggu info selanjutnya.

oh ya kunjungi website saya ya https://putri-kurniawan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

Banyak sekaliii manfaat GIS dalam kehidupan disekeliling kita. Monggo mampir ke website saya https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/riskamawarsari/beranda dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/ . Matur Suksma^^

Unknown said...

saya sangat menyukai artikel yang anda buat, simple dan mudah sekali dimengerti, saya semakin tertarik untuk mempelajari Gis, salam kenal dari mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam proses belajar. terima kasih karna telah berbagi ilmu.

Kunjungi website saya : https://imisyafitri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
Dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

Unknown said...

sangat bermanfaat dan terimakasih
jangan lupa kunjungi wensite saya https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/vespisti1511500047 . dan kampus saya http://atmaluhur.ac.id