Pages

Mengenali Tipe Karakter Lawan Bicara

Saturday 12 September 2015

Tipe Karakter Manusia. Ketika kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang biasanya kita akan merasa kesusahan untuk bisa cepat berbaur. Padahal sebenarnya jika kita paham bagaimana karakter lawan bicara kita mungkin akan mempermudah kita untuk cepat mencair berbicara dengannya. Tipe karakter dominan manusia sebenarnya hampir sama.

Bagi anda yang belum memahami atau masih asing dengan tipe karakter manusia sebagai lawan bicara anda maka anda berada pada halaman yang tepat. Menurut hipokrates, membagi tipe karakter manusia menjadi empat tipe, yaitu :

1. Tipe koleris

Dalam serial kartun spongebob tipe koleris ini digambarkan seperti tokoh tuan krab. tipe karakter manusia Tipe koleris adalah tipe orang yang aktif, ambisius, semangat pekerja keras dan kebanyakan bertindak sebagai motivator untuk orang lain. Orang dengan tipe koleris pada umumnya bersifat terbuka, namun tingkat keterbukaanya masih lebih rendah dibandingkan dengan tipe karakter sanguin.

Karena memiliki sifat denagn kemauan yang keras, orang koleris lebih cenderung keras kepala. Kompromi merupakan hal yang menjadi sangat sulit bagi tipe karakter koleris, kecuali apabila kompromi tersebut bermanfaat bagi mereka sehingga membuat tipe koleris terkesan oportunis.

baca juga :  jenis dan bentuk ppsikotes kerja

Orang koleris memiliki tujuan untuk berbagai hal, suka untuk mengambil alih, dan juga suka memerintah orang disekitarnya tanpa perduli orang itu suka maupun tidak.

Orang koleris selalu beroroentasi pad tugas dan pekerjaan, memiliki disiplin kerja yang tinggi. Kelebihan dari orang koleris adalahmereka dapat melaksanakan tugas dengan setiadan bertanggung jawab dengan tugasnya, kelemahan orang koleris adalah kurangnya rasa empati terhadap penderitaan orang lain.

2. Tipe melankolis

Tipe melankolis digambarkan seperti tokoh squidward. Tipe melankolis biasanya memiliki sifat prefeksionis, lebih suka murung, sering meremehkan dirinya sendiri. Orang melankolis juga rela mengorbankan dirinya sendiri , takut akan kegagalan serta serius. Mereka mempunyai sifat dasar yang teliti, namun jarang dapat menghasilkan sendiri.

Mereka adalah tipe pribadi yang tertutup. Orang koleris biasanya memiliki tingkat kecerdasan dan juga selera seni yang tinggi dan mendalam. Banyak seniman yang bertipe karakter melankolis.

3. Tipe plegmatis

Digambarkan seperti tokoh patrick star. Orang tipe plegmastis biasanya tertutup, tida penuntut, kalem, santai dan lambat. Mereka tidak akan mengeluarkan ide bila memiliki kemungkinan melukai perasaan orang lain. Meereka memiliki sifat yang bahagia dan menyenangkan, memiliki selera humor yang tinggi. Orang plegmastis memiliki bakat sebagai diplomat ataupun pembawa damai.

Kelemahan orang plegmatis adalah rasa takut dan egois meskipun mereka menunjukannya dengan sikap yang diplomatis sehingga sulit untuk ditebak, cenderung mau ambil yg mudahnya saja, dan tidak mau susah.

4. Tipe sanguin

Digambarkan seperti tokoh spongebob. Sanguin memiliki sifat paling terbuka dibandingkan dengan tipe karakter manusia yang lainnya. Mereka suka berbicara, ramah, mudah menyesuaikan diri, penuh humor dan hangat.

Sanguin merupakan tiipe yang suka bergaul dan juga spontan, suka mengambil keputusan dengan cepat sehingga cenderung membuat keputusan yang bersifat emosional. Kelemahan tipe sanguin adalah bertindak hanya sesuai emosi atau keinginanya.

Semoga artikel mengenai tipe karakter manusia ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk kembali lagi dan membaca artikel kami yang lainnya.

No comments: