Pages

Resep Masakan Sop Buntut Sapi

Monday 14 September 2015

Resep Masakan Sop Buntut. Pada musim dingin kuliner hangat dan berkuah seperti sop buntut tentu menjadi pilihan yang sangat tepat. Apalagi mendekati musim lebaran haji pasti banyak orang yang mulai bingung dan mencari berbagai resep olahan yang berasal dari daging sapi. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai daging sapi, disini kita akan belajar memasak bagian sapi yang lain yaitu bagian buntut sapi.

Resep sop buntut sapi mungkin masih banyka yang belum tahu cara mengolahnya. Jika anda sudah mencobanya tentu akan membuat anda untuk kembali menikmati sop buntut sapi. Sebenarnya mengolah sop buntut sapi tidak sesulit yang dibayangkan jika kita sudah mengetahui trik-triknya.

Baca juga : resep rica ayam pedas

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

- Buntut sapi sebanyak 800 gram, potong mengikuti ruas-ruasnya.

- Air untuk merebus sebanyak 2 liter

- Kayumanis 3 cm

- Cengkeh 2 buah

- Bawang putih yg dimemarkan 4 siung

- Biji pala 1 butir dan pecahkan

- Daun bawang 3 batang, dipotong-potong

- Seledri 4 batang

- Wortel 75 gram

- 100 gram kentang

- Tomat 1 buah

- Merica bubuk 1 sendok teh

- Garam 2 sendok teh

- Minyak goreng 100 ml

- Bawang goreng sebagai pelengkap

Langkah cara membuat resep sop buntut sapi
1. Bersihkan buntut sapi yang telah dipotong-potong kemudian rebus hingga mendidih selama kurang lebih 15 menit.angkat dan buang air rebusan tadi

2. Rebus lagi buntut sapi dengan air dingin hingga mendidih, kemudian masukkan cengkeh, kayumanis, biji pala serta bawang putih

3. Setelah daging buntut sapi sudah empuk ukur kuah hingga 1 liter, kemudian masukan wortel dan kentang. Masak kembali kemudian tambahkan seledri, daun bawang, tomat, garam serta merica. Aduk dan masak hingga semua bahan matang.

4. Sajikan sop buntut sapi dalam mangkok dan beri taburan bawang goreng agar lebih nikmat.

Beberapa tips memasak sop buntut sapi :

- Jangan mengolah langsung buntut sapi dalam keadaan panas, atau baru direbus. Sebaiknya diamkan dulu

- Rebus buntut sapi sebanyak 2 kali seperti cara diatas

- Anda juga bisa meminta pedagang untuk memotong langsung buntut sapi menurut ruasruasnya bila anda ragu untuk melakukannya sendiri.

Semoga saja resep masakan sop buntut sapi ini bisa menambah wawasan kuliner anda. Dan selamat mencoba dan saya doakan semoga hasilnya enak dan memuaskan. Terimakasih telah berkunjung.baca juga resep sate daging sapi.

No comments: