Pages

Komponen Sistem Informasi Geografis

Thursday 3 September 2015

Komponen Sistem Informasi Geografis. Jika pada artikel sebelumnya sudah di bahas mengenai pengertian sistem informasi geografis, pada kesempatan kali ini akan di bahas mengenai komponen-komponen pada sistem informasi geografis. Sekedar mengingatkan dan menyegarkan ingatan saja bahwa SIG merupakan suatu sistem komputer yang mampu melakukan pekerjaan mengumpulkan, menyimpan dan menganalisis berupa data spasial.

Baca juga : pengertian sistem informasi geografis

Komponen sistem informasi geografis terdiri dari tiga komponen, yaitu sistem komputer, data spasial dan pengguna.

1. Sistem komputer

Sistem komputer ini dipakai untuk masukan, menyimpan, menganalisis, mengelola serta menampilkan informasi geografis. Sistem komputer terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

a. Perangkat keras
perangkat keras sendiri terdiri atas :

1) CPU : perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengendalikan segala operasi yang diperlukan oleh sistem komputer.

2) RAM : berfungsi untuk menyimpan data yang di masukan melaluui peralatan untuk memasukan data.

3) Perangkat penyimpan data : perangkat yang memiliki fungsi untuk menyimpan data secara sementara ataupun permanen dalam bentuk harddisk, disket dan cd rom.

4) Piranti untuk memasukan data : perangkat yang dipakai untuk memasukan data seperti keyboard, scanner, mouse, digitizer serta kamera digital.

b. Perangkat lunak
Perangkat lunak terdiri atas :

1) Sistem operasi : mengatur semua sumber daya dan tata kerja komputer. Sistem operasi yang sering digunakan seperti LINUX, Macintosh, UNIX dan Microsoft windows.

2) Software aplikasi

beberapa contoh software aplikasi yang digunakan dalam sistem informasi geografis antara lain : Erdas, ArcView, Arc Info, Ilwis, MapInfo, ErMapper.

3) Sistem utilitas

2. Data spasial

Merupakan data tentang objek ataupun unsur geografis yang dapat diidentifikasi serta memliki acuan lokasi berdasarkan sistem koordinat tertentu. Data spasial terdiri atas data atribut dan data grafis.


3. Pengguna

Pengguna atau user memegang peranan yang sangat penting dalam sistem informasi geografis. Pengguna memiliki fungsi untuk memilih informasi yang dibutuhkan, membuat standar, membuat jadwal pemutakhiran, menganalisis hasil untuk sebuah tujuan tertentu serta merencanakan aplikasi.pemanfaatan sistem informasi geografis tergantung dari pengguna yang memanfaatkannya.

Itulah penjelasan singkat mengenai komponen sistem informasi geografis. Semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan pengetahuan anda. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: