Pages

Jenis dan Bentuk Psikotes

Monday 24 August 2015

Jenis dan Bentuk Psikotes. Bagi para jobseeker tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis psikotes saat melamar pekerjaan. Psikotes atau tes psikologi ini hampir di terapkan pada seluruh institusi maupun perusahaan saat melakukan perekrutan karyawan.

Bagi para fresh graduate mungkin masih awam dengan bentuk psikotes dan seperti apa tes psikotes saat akan melamar pekerjaan. Ada banyak jenis psikotes yang biasa digunakan saat perekrutan karyawan. Agar lebih paham akan dijelaskan bentuk dan jenis psikotes sebagai gambaran bagi anda yang akan melamar pekerjaan.

1. Tes IQ (Intelegence Question)

Jenis Psikotes tes IQ ini berisi mengenai tes yang berhubungan dengan bahasa dan angka. Tes IQ ini dibuat standar sehingga bisa dikerjakan oleh orang umum dan akan lebih menyenangkan bagi anda yang menyukai hitung-menghitung.

Tes IQ ini terdiri dari beberapa macam seperti Culture Fair Intelegence Test(CFIT), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kemampuan Dasar (TKD), Army Alpha (AA), Administrasi dan Keuangan, dan Tes Intelegensi .

2. Tes Kepribadian

Jenis psikotes tes kepribadian ini memiliki tujuan untuk melihat cara orang menghadapi konflik, cara bekerja sama serta cara mengambil solusi saat menghadapi masalah. Pada tes kepribadian ini juga dapat diketahui tipe orang itu sebagai orang yang individual atau orang yang gampang beradapatasi dengan lingkungan baru.

Tes kepribadian juga terdiri dari beberapa macam. Bebrapa diantaranya yang sering digunakan adalah a)tes menggambar orang (DAM & BAUM) yang bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri, tanggung jawab, ketahanan kerja serta kestabilan, b) tes pauli yang memiliki tujuan untuk mengukur prestasi kerja serta sikap kerja, c) WARTEGG TEST bertujuan untuk mengetahui imajinasi, kreatifitas, intelektual dan emosi.

3. Tes Kemampuan

Tes kemampuan bisa saja berbentuk angka, grafik, permainan kata-kata, maupun bebntuk 3 dimensi. Jenis psikotes tes kemampuan ini memiliki tujuan untuk mengukur daya tahan pelamar kerja. Pada tes kemampuan juga harus dikerjakan dengan waktu yang cepat.

4. Tes Kreatifitas

Jenis psikotes tes kreatifitas biasanya pelamar kerja akan diminta untuk dapat menggambarkan atau menulis sesuatu. Pada tes kreatifitas ini para pelamar kerja juga akan diminta untuk melanjutkan gambar dalam kotak-kotak yang sudah ada. Para pelamar kerja dituntut untuk dapat melanjutkan gambar tersebut dengan ilustrasi yang baik.

Itulah beberapa gambaran jenis dan bentuk psikotes yang biasanya akan dihadapi oleh para pelamar kerja. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan gambaran bagi para pelamar dan pencari kerja. Semoga sukses dan segera mendapatkan pekerjaan impian anda. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: