Pages

Komponen-komponen Peta dan Kelengkapan peta

Wednesday 19 August 2015

Komponen Peta. Peta memiliki fungsi sebagai media penyampai informasi sehingga sebuah peta harus di buat secara lengkap dan sederhana agar mudah di pahami. Suatu peta yang baik dan lengkap harus memuat komponen-komponen penting peta seperti judul peta, isi peta, simbol peta, skala peta, proyeksi peta, grid, arah (orientasi peta), dan juga legenda.

Baca juga : pengertian dan jenis peta

Untuk lebih memahaminya akan di jelaskan satu persatu mengenai komponen-komponen sebuah peta di bawah ini :

1. Judul peta

Judul pada sebuah peta menunjukan inti dari seluruh isi peta. Judul peta di tulis dengan huruf besar dengan ukuran yang paling besar dan ditempatkan pada tempat yang paling mudah dilihat.



2. Simbol peta

Simbol peta merupakan lambang-lambang yang ada pada suatu peta yang menggambarkan segala informasi yang di maksud dalam peta tersebut. Simbol haruslah jelas serta mudah di pahami maksudnya.
Berdasarkan bentuknya simbol peta di bagi menjadi 4 macam yaitu simbol titik, simbol garis, simbol luas dan simbol volume.

3. Skala peta

komponen peta yang selanjutnya adalah skala peta. Skala peta menunjukan perbandingan jarak antara dua titik atau luas dalam gambar terhadap jarak dua titik tersebut di permukaan bumi yang sebenarnya. Skala peta dapat dituliskan dalam tiga cara yaitu skala numerik (skala yang ditulis dengan angka), skala skala grafik (skala yang disajikan dalam bentuk batang atau garis), dan skala inch to mile (skala yang menggunakan perbandingan antara inci dan mill).

Ada beberapa cara untuk merubah ukuran peta yaitu dengan cara mekanis, cara fotografis, dan cara optis. Pengubahan skala dengan cara fotografis dan optis seringkali tidak langsung menunjukan perubahan skalanya. Untuk mengatasi hal ini maka perlu dihitung skala peta berdasarkan persentase perbesaran atau pengecilan peta.

4. Proyeksi peta

Proyeksi peta yaitu cara untuk mengubah bentuk elipsoida ke dlam bidang datar. Proyeksi peta dilakuan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi akibat perubahan bentuk dari bentuk bola ke bidang datar. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain bentuk-bentuk di permukaan bumi tidak mengalami perubahan, luas harus tetap, dan jarak sesungguhnya di muka bumi tidak mengalami perubahan.

Proses memindahkan bentuk bumi dari suatu bidang lengkung ke bidang datar, dapat di golongkan menurut distorsinya, posisi bidang proyeksi, bidang proyeksinya dan berdasarkan letak titik pusat proyeksi.

5. Grid peta

komponen peta yang berikutnya adalah grid. Grid adalah jaring2 pada peta yg terdiri dari dua garis yang berpotongan yaitu garis vertikal yang mewakili garis meridian dan garis horisontal yg mewakili garis paralel.

6. Arah/orientasi peta

pada umumnya bagian atas suatu peta menunjukan arah utara. Arah peta merupakan panduan untuk pengguna peta agar segera dapat mengetahui posisisuatu tempat.

7. Legenda

Legenda pada peta adalah keterangan yang menjelaskan seluruh isi peta.dengan adanya legenda, pengguna peta dapat mengartikal simbol-simbol yang terdapat dalam sebuah peta.

Semoga informasi mengenai komponen-komponen peta dapat menambah pengetahuan kamu dan bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: