Pages

Pengertian Peta dan Jenis Peta

Monday 17 August 2015

Pengertian Peta dan Jenis Peta. Dalam ilmu geografi peta merupakan salah satu alat bantu yang mempunyai peranan yang sangat penting. Peta digunakan sebagai media/ alat bantu untuk memudahkan penyampaian informasi atau gagasan kepada orang lain.

Pengertian peta secara umum dapat diartikan sebagai gambaran konvensional permukaan bumi yang disklakan. Penggamabaran tersebut menggunakan simbol yang melambangkan kenampakan yang ada di permukaan bumi. 

Peta yang di gambarkan pada permukaan yang melengkung disebut dengan globe. Sedangkan peta yang disajikan dalam satu buku atau di bukukan disebut dengan atlas.



Pembagian jenis peta


Ada banyak jenis peta, namun secara umum peta dikelompoka berdasarkan skala peta, isi peta, nilai data, serta sift data yang ditampilkan.

1. Jenis peta berdasarkan isinya

a. Peta khusus

Peta khusus dibuat dengan tujuan tertentu. Peta khusus juga biasa disbut dengan peta tematik.informasi pada peta khusus merupakan informasi dengan satu tema tertentu. kenampakan pada peta khusus digambarkan dengan visualisasi yang baik sehingga peta lebih mudah untuk dipahami. Peta khusus memeiliki kekurangan yaitu tidak nampaknya kaitan antara unsur-unsur yang ada di permukaan bumi.

b. Peta umum

Peta umum adalah peta yang berisi semua kenampakan bumi ini secara umum, baik kenampakan alami atau buatan manusia. Peta umum disebut juga peta topografi. Peta umum berisi berbagai macam data dalam satu gambar.

Peta umum sendiri ada 3 jenis yaitu peta topografi yaitu peta yang hanya menggambarkan wilayah tertentudi permukaan bumi, peta chartography yaitu peta yang menggambarkan sebagian permukaan bumi, dan peta dunia yaitu peta yang menggambarkan seluruh bagian permukaan bumi.

2. Jenis peta berdasarkan skala

a. Peta skala besar

Peta skala besar merupakan peta dengan skala antara 1 : 5000 hingga 1 : 250.000

b. Peta skala sedang

Peta skala sedang merupakan peta berskala antara 1 : 250.00 hingga 1 : 500.000

c. Peta skala kecil

Peta skala kecil merupakan peta denagn skala antara 1 : 500.000 hingga 1 : 1.000.000

3. Jenis peta berdasarkan nilai datanya

a. Peta kuantitatif

Memrupakan peta yang akan menjawab lokasi keberadaan sebuah objek beserta besarnya nilai objek tersebut. Misalnya peta kepadatan penduduk.

b. Peta kualitatif

Merupakan peta yang Cuma menunjukan keberadaan suatu objek di lokasi tertentu dan tidak menunjukan nilai objek tersebut. Misalnya peta perkebuann teh di puncak, bogor.

4. Jenis peta berdasarkan sifat datanya

a. Peta stasioner

Merupakan peta dengan sifat data yang menggambarkan permukaan bumi yang memiliki sifat stabil atau tetap. Misalnya peta topografi.

b. Peta dinamis

Merupakan peta yang menggambarkan kondisi permukaan bumi yang berubah-ubah. Misalnya peta persebaran penduduk.

Semoga artikel mengenai pengertian dan jenis peta ini bermanfaat bagi kamu dan dapat membantu mempermudah belajar geografi. Terimakasih telah berkunjung.

Sumber : buku geografi untuk sma dan ma kelas XII karya Marah Uli H. Dan Asep Mulyadi

No comments: