Pages

Cara Membuat Resep Bolu Kukus

Wednesday 5 August 2015

Resep Bolu Kukus. Bolu kukus merupakan salah satu jenis kue basah dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Hampir semua orang mengenal kue bolu kukus ini, bolu kukus juga sudah banyak di pasarkan di berbagai toko kue tradisional maupun di mall dan juga di pasar-pasar tradisional.

Biasanya bolu kukus banyak di jual dengan bentuk mekar merekah seperti bunga dengan warna yang cantik dan menarik. Penggunaan pewarna ini haruslah menggunakan pewarna khusus makanan agar tidak membahayakan kesehatan tubuh anda. Mungkin sekarang ini anda khawatir dengan maraknya beredar penggunaan zat kimia serta pewarna tekstil untuk mengolah beraneka makanan terutama kue agar menghasilkan warna yang menarik dan mengurangi biaya produksi.

Agar anda tidak menjadi korban penjual yang tidak bertanggung jawab dan tidak punya hati sebaiknya anda mulai belajar untuk membuat resep bolu kukus sendiri di rumah, karena proses pembuatannya tidak terlalu rumit.
baca juga : resep kue nastar 

Mari kita bahas langkah demmi langkah pembuatan kue bolu kukus.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

- Telur ayam sebanyak 2 butir

- Gula pasir sebanyak 200 gram

- Tepung terigu 275 gram

- Air soda tawar sebanyak 225 ml

- Emulsifier 2 sdt

- Vanili ½ sdt

- Baking powder ½ sdt

- Pewarna makanan sesuai warna yang anda inginkan

Cara membuat  Resep Bolu Kukus :

1. Kocok telur, emulsifier, dan gula pasir hingga mengembang kaku

2. Ayak tepung terigu dan juga baking powder secara bergantian menggunakan saringan.

3. Masukkan ke dalam kocokkan telur dan aduk kemudian di tambahkan air soda tawar.

4. Kocok secara perlahan saja. Kemudian tambahkan vanili dan aduk hingga adonan benar benar tercampur dengan sempurna dan rata

5. Kemudian ambil 1/3 bagian adonan dan pisahkan lalu tambahkan pewarna

6. Siapkan cetakan yang sudah dialasi dengan kertas kue

7. Masukkan adonan tanpa warna ke dalam cetakan kue kemudian baru tambahkan pada bagian atas adonan tanpa warna tadi dengan adonan yang sudah di tambahkan pewarna hingga sejajar dengan cetakan.

8. Didihkan air baru kemudian kukus adonan yang sudah di masukkan cetakan tadi hingga matang dan merekah. lama pengukusan kira-kira selama 10 menit.

Tips agar resep bolu kukus bisa merakah dan tidak bantet adalah jangan sekali-kali membuka penutup panci saat mengukus adonan hingga benar-benar matang dan merekah. Sebaiknya gunakan cetakan kue yang terbuat dari bahan aluminium agar menghasilkan panas yang merata dan membuat kue menjadi matang sempurna.Baca juga resep bolu panggang sederhana.

No comments: