Pages

Perawatan dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sunday 16 August 2015

Cara Mengatasi Rambut Rontok. Bagi seorang wanita rambut bagaikan mahkota. Sebagai mahkota tentu saja rambut menjadi bagian yang sangat penting dan sangat diperhatikan. Dengan tampilan rambut yang rapih serta sehat akan membuat seseorang menjadi lebih cantik dan segar.

Rambut rontok tentu saja menjadi salah satu masalah bagi wanita. Apalagi sekarang sudah semakin banyak wanita yang mengenakan hijab, tentu saja masalah rambut rontok menjadi lebih banyak di alami. Apabila tidak pandai merawat rambut tentu saja akan membuat rambut menjadi mudah rontok karena rambut selalu tertutup hijab sehingga menjadi lembab.

Namun anda jangan terlalu khawatir dan cemas apabila and mengenakan hijab karena dengan perawatan yang baik masalah rambut rontok tidak akan anda temui lagi. Sebelumnya anda juga harus tahu apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok



1. Obat bahan kimia

Penggunaan obat-obatan serta bahan kimia. Ada beberapa obat yang apabila di konsumsi memberikan efek samping kerontokan pada rambut. Beberapa jenis obat tersebut antara lain obat kemoterapi, obat asam urat, obat pengencer darah dan lainnya.

2. Gangguan hormon terutama pada masa persalinan dan juga kehamilan

Salah satu penyebab rambut rontok adalah adanya gangguan hormon estrogen pada wanita. Biasanya gangguan hormon ini dialami ketika wanita sedang hamil dan setelah melahirkan. Selain hormon tersebut gangguan hormon androgen juga dapat menyebabkan rambut rontok.

3. Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit seperti penyakit lupus dan penyakit diabetes yang dapat menjadi penyebab rambut rontok.

4. Kekurangan vitamin serta gizi

Kurangnya asupan vitamin serta gizi bagi tubuh anda juga mennjadi salah satu penyebab rambut rontok. Maka dari itu sebaiknya anda mencukupi kebutuhan vitamin serta gizi untuk mencegah kerontokan rambut.

5. Stress

Stress atau gangguan emosional juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok, apabila anda sudah mengetahui beberapa penyebab rambut rontok sekarang saatnya untuk mengetahui cara perawatan rambut rontok.

1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk kesehatan rambut. Ambil bagian daging buah lidah buaya, kemudian usapkan pada bagian kepala mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum anda membilasnya dengan air bersih.

2. Bawang putih

Haluskan beberapa buah bawang putih menggunakan blender. Kemudian anda oleskan pada kulit kepala selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas menggunakan air bersih

baca juga : manfaat dan khasiat bawang putih

3. Jeruk nipis

Iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian kecil, kemudian oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum anda membilasnya dengan air bersih.

Baca juga : manfaat dan khasiat jeruk nipis

4. Teh hijau

Seduh dua buah kantung teh hijau menggunakan air hangat. Gunakan air seduhan teh hijau untuk masker rambut dan diamkkan selama satu jam kemudian bersihkan.

5. Alpukat

Caranya buatlah masker rambut dari daging buah alpukat yang sudah dihaluskan. Kemudian gunakan sebagai masker rambut dan biarkan selama 20 menit baru kemudian di bersihkan.

6. Minyak kemiri

Minyak kemiri sudah sejak lama sangat baik untuk kesehatan rambut. Gunakan minyak kemiri untuk dioleskan pada kulit kepala dan juga rambut diamkan beberapa saat kemudian bersihkan. Anda bisa membeli minyak kemiri di supermarket.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Jadi jangan khawatir lagi ketika anda mendapati rambut anda rontok. Semoga saja artikel mengenai perawatan dan cara mengatasi rambut rontok dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Sumber : http://tampilsehatcantik.com/8-penyebab-rambut-rontok-parah-berlebihan-pada-wanita/
http://www.duniainformasikesehatan.com/2014/05/9-tips-cara-mengatasi-rambut-rontok.html

No comments: