Pages

Istimewanya Air Zamzam

Saturday 1 August 2015

Istimewanya Air Zamzam. Bagi umat muslim air zamzam tentu sudah biasa mendengar atau bahkan mengkonsumsi air zamzam. Air yang terdapat di di kota mekah ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh haji dan juga umroh. Banyak jamaah haji dan umroh yang rela mengeluarkan banyak dana agar dapat memberikan oleh-oleh air zamzam ini untuk keluarga dan kerabat di tanah air.

Air zamzam menjadi sangat terkenal karena keistimewaan air zamzam yang sangat menakjubkan. Ada beberapa fakta menarik dari air zamzam yang tentu saja akan membuat anda menjadi lebih mengagumi lagi kebesaran Allah SWT. Lalu apa saja keistimewaan air zamzam?

Baca juga : jenis kurma

Keistimewaan yang pertama adalah air zamzam dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa air zamzam ini dapat menyembuhkan penyakit. “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Keistimewaan air zamzam yang kedua adalah sumur air zamzam tidak pernah kering meskipun selalu diambil berliter-liter olah para jemaah haji dan umroh. Hal ini merupakan salah satu keisitiewaan dari air zamzam. Meskipun sumur-sumur disekitarnya mengalami kekeringan, namun sumur air zamzam terus tidak pernah mengalami kekeringan maupun penyusutan. Setiap kli musim haji sekita 2 juta jamaah haji diijinkan untuk membawa pulang air zamzam sebanyak 5 liter, seandainya seluruh jamaah membawa 5 liter ke tanah airnya dalam sekali periode haji saja sudah menghabiskan sekitar 10 juta liter air zamzam, namun ajaibnya sumur air zamzam ini tidak pernah mengalami kekeringan.

Keistimewaan air zamzam berikutnya adalah memiliki kandungan zat anti kuman. Berdasarkan hasil penelitian, menemukan bahwa air zamzam mengandung zat flourida yang memiliki kemampuan efektif dalam membunuh kuman. Selain zat fluorida air zamzam juga mengandung zat kalsium dan juga garam magnesium dengan kuantitas yang lebih babnyak di banding air yang lainnya yang membuat air zamzam dapat menyegarkan ketika di minum oleh jamaah yang kelelahan.

Keistimewaan air zamzam selanjutnya adalah rasa kandungan garam serta komposisi air zamzam selalu stabil dari dahulu hingga sekarang. Selain itu sumur air zamzam ini juga tidak pernah ditumbuhi oleh lumut.

Itulah beberapa keistimewaan air zamzam, semoga saja artikel ini bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita terhadap Allah SWT dan menambahkan rasa syukur kita. Terimakasih telah berkunjung. Silahkan baca juga hukum islam mengenai cincin kawin.

No comments: