Pages

Tips Berbelanja dan Memilih Oleh-Oleh Haji

Thursday 13 August 2015

Tips Memilih Oleh-oleh Haji. Musim haji akan segera tiba, bagi para calon jemaah haji tentu sudah mulai direpotkan dengan berbagai persiapan untuk keberangkatan ke tanah suci. Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima yang diwajibkan bagi umat muslim yang mampu. Mampu dalam hal finansial maupun dalam kesehatan.

Saat musim haji memang tidak seheboh ketika lebaran idul fitri, dimana semua umat muslim sibuk mempersiapkan baju baru maupun beraneka makanan khas lebaran. Pada lebaran haji yang merasakan uforianya adalah para calon jamaah haji serta keluarga jemaah haji.

Banyaknya persiapan yang harus disiapkan kadang membuat para jamaah haji mulai kebingungan untuk memikirkan tentang oleh-oleh haji bagi sanak saudara di tanah air. Di indonesia ketika pulang dari ibadah haji maka akan ramai dikunjungi oleh sanak saudara mereka baik untuk mengucapkan selamat, mencicipi makanan khas dari mekah ataupun untuk mendengarkan kisah para jemaah haji.

Tentu saja sebagai tuan rumah tidak akan membiarkan tamu mereka tidak diberikan hidangan, ataupun diberikan oleh oleh haji khas mekah. Nah bagi anda yang akan melaksanakan ibadah haji, atau sanak saudara anda yang akan berhaji dan sedang kebingungan memikirkan tentang oleh oleh haji, di sini akan dipaparkan beberapa tips yang semoga dapat membantu anda dalam menentukan dan memilih oleh oleh haji.

1. Tentukan barang apa saja yang akan anda beli, buatlah daftar listnya dengan disertai jumlahnya

2. Tentukan juga apakah anada akan membelinya di arab saudi ataukah membelinya di indonesia. Jika anda akan membeli souvenir yang unik dan jarang di temukan di indonesia serta tid merepotkan saat membawanya sebaiknya anda membelinya langsung di arab saudi. Untuk jenis makanan sebaiknya anda membelinya di indonesia saja, karena di sini juga sudah sangat banyak toko oleh oleh haji yang menjual aneka makanan khas arab saudi.

3. Khusus untuk oleh oleh haji berupa makanan dan minuman, pilihlah makanan dan minuman yang menjadi khas arab saudi yang tentunya identik dengan oleh oleh haji. Makanan dan minuman yang khas antara lain : kurma, air zamzam, coklat, manisan buah tin, kacang, madu, kismis. Sedangkan untuk souvenir yang identik dengan oleholeh haji antara lain ; sajadah, parfum, tasbih, al-quran, peci, hiasan dengan gambar ka’bah, kopiah, lipstik hare, celak mata, sabun zaitun dan lain sebagainya.

Baca juga : berbagai jenis kurma

4. Jika anda ingin membeli oleh oleh haji atau souvenir berupa perhiasan langsung dari arab saudi anda bisa membelinya di daerah Madinah di dekat pemakaman Baqi. Disana banyak berjejer penjual perhiasan yang berada di belakang masjid nabawi.

Itulah beberapa tips membeli oleh oleh haji yang semoga saja bermanfaat bagi anda para calon jemaah haji. Dengan adanya persiapan yang baik di harapkan membuat para jemaah haji tidak direpotkan lagi dengan urusan membeli oleh oleh haji dan bisa menjadi lebih fokus ketika menjalankan ibadah di tanah suci. Jangan lupa baca juga keistimewaan air zamzam.
Sumber : media.zoya.co.id/inspirasi/tips-berbelanja-oleh-oleh-haji

No comments: