Pages

Aneka Sambal Khas Nusantara

Tuesday 18 August 2015

Aneka Sambal Khas Nusantara. Indonesia mempunyai beragam kuliner yang sangat lezat, tak ketinggalan juga aneka sambal khas nusantara yang bisa membuat orang ketagihan untuk mencicipinya kembali. Bagi sebagian orang makan nasi tanpa sambal itu rasanya ada yang kurang dan hambar. Terutama bagi para pecinta pedas. Sambal merupakan menu wajib yang harus ada di meja makan.

Sambal terbuat dari bahan dasar cabe dan sangat identik dengan rasa pedas. Di indonesia sendiri memiliki beraneka sambal khas nusantara yang memiliki keunikan tersendiri di masing-masing wilayah.

Berikut akan di paparkan beberapa jenis sambal khas nusantara yang mungkin wajib anda coba dan bisa jadi harus anda buru ke tempat asalnya.

1. Sambal bajak

Sambal bajak ini sangat terkenal di daerah surabaya jawa timur. Sambal bajak ini identik dengan tambahan bawang putih serta terasi dan bahan lainnya dan di masak dengan cara di tumis setelah semua bahan-bahannya di haluskan. Sambal bajak bisa bertahan lebih lama dan biasanya di kemas dalam jar.

2. Sambal lado

Sambal lado merupakan sambal khas nusantara daerah minangkabau. Sambal lado terdiri dari bawang putih, bawang bombay, tomat, bawang merah,jeruk nipis dan garam. Setelah semua bahan-bahanya di haluskan kemudian di tumis. Samba lado memiliki cita rasa yang sangat pedas.

3. Sambal terasi

Sambal terasi merupakan salah satu jenis sambal yang sangat populer. Sambal terasi ini banyak di jumpai di pulau jawa. Pemberian terasi yang lumayan banyak membuat sambal ini memiliki rasa yang khas,gurih serta aroma terasi yang luar biasa.

Baca juga : resep terong balado

4. Sambal matah

Sambal khas nusantara yang berasal dari daerah bali ini, sangat cocok untuk disajikan bersama sate lilit. Sambal matah ini disajikan dengan cara memotong semua bahannya kemudian di di campur dan di aduk dengan menambahkan minyak goreng panas.

5. Sambal dabu-dabu

Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas daerah manado, sulawesi utara. Sambal dabu-dabu di buat dengan racikan tomat, bawang merah, kemangi, cabe, garam dan jeruk nipis.

6. Sambal roa

Selain sambal dabu-dabu manado juga memiliki sambal roa yang juga sangat populer. Sambal roa sangat khas dengan tambahan suwiran ikan roa yang lezat. Sambal roa biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan bubur manado yaitu tinutuan.

7. Sambal mangga

Sambal mangga ini merupakan sambal terasi yang diitambahkan irisan buah mangga muda sehingga memberikan sensasi rasa yang lebih segar.

8. Sambal kecap

Sambal kecap dibuat dari bahan dasar irisan cabe rawit, bawang goreng, kecap manis dan jeruk nipis. Sambal kecap sangat cocok sebagai cocolan tahu goreng.

Baca juga ; resep perkedel tahu pedas

9. Sambal korek

Meski namanya sambal korek bukan berarti sambal ini di buat menggunakan korek. Nama korek sebenarnya karena sambal korek di buat dengan porsi yang kecil dan biasanya di makannya dengan cara di korek langsung dari cobek.

10. Sambal tomat

Sambal tomat memiliki bahan dasar tomat segar ataupun tomat yang telah di goreng yang dicampurkan pada bumbu dasar sambal terasi dengan porsi terasi yang sedikit.

11. Sambal ijo

Jenis sambal ijo menggunakan bahan dasar cabe hijau besar. sambal ini sangat mudah di jumpai di warung makan masakan padang.

Nah itulah beberapa aneka sambal khas nusantara yang tentu saja sangat nikmat dan wajib di coba. Hanya dengan membayangkannya saja sudah membuat air liur berlari-lari d mulut. Selamat mencoba dan jangan lupa siapkan air minum supaya tidak kepedesan.

Sumber : vemale.com & bahanbumbu.blogspot.com

No comments: