Pages

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis)

Sunday 23 August 2015

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis). Semakin hari kebutuhan akan informasi semakin meningkat, baik itu dari jenis ataupun volumenya. Selama ini ini informasi banyak diperoleh melalui peta dengan cara yang masih konvensional, namun dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi geograis, penyajian informasi geografis menggunakan peta konvensional dirasa kurang. Selain membutuhkan waktu yang lebih lama peta konvensional juga memakan waktu yang lebih lama.

Baca juga : pengertian dan jenis peta

Dari masalah tersebut maka munculah sebuah ide yaitu mengenai sistem informasi geografis. Pengertian sistem informasi geografis adalah suatu sistem komputer yang mampu mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, mengitegrasi, dan menganalisis informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.

Sistem informasi geografis (SIG) terbentuk atas tiga kata yaitu sistem, informasi dan juga geografis. Penjelasan dari ketiganya sebagai berikut :

1. Sistem
sekumpulan ide, objek, yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan ataupun sasaran bersama. Sebuah sistem terdiri atas beberapa subsistem yang saling terkait.

2. Informasi :
data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Informasi juga dapat diartikan sebagai analisis dan sintesis terhadap data.

3. Geografis
Persoalan mengenai bumi

Setelah memahami tiga kata tersebut, ada juga beberapa istilah yang sangat berkaitan dengan SIG yaitu sistem informasi dan juga informasi geografis. Sistem informasi adalah suatu jaringan kegiatan yang dimulai dari pengumpulan data, manipulasi, pengolahan dan analisis,serta penjabaran data menjadi sebuah informasi.

Berdasarkan dari beberapa definisi kata yang menyusun suatu sistem informasi geografis, ada beberapa ahli yang mendefinisikan tentang SIG sebagai berikut :

1. Menurut Rice
Sistem informasi geografis merupakan suatu sistem komputer yang dipakai untuk memasukan (capturing), menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, serta menampilkan data yang memiliki hubungan dengan posisi sebuah objek di permukaan bumi.

2. Menurut Aronoff
Sistem informasi geograis merupakan suatu sistem dengan basis komputer yang dipakai untuk menyimpan dan memanipulasi berbagai informasi geografis. Sistem informasi dirancang agar dapat menyimpan, mengumpulkan, serta menganalisis berbagai objek dan juga fenomena yang mana geografi merupakan karakteristik yang penting untuk dianalisis.

baca juga : komponen sistem informasi geografis

3. Michael N. Demers
Sistem informasi geografis merupakan suatu sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, mengintegrasi, serta menganalisis berbagai informasi yang memiliki hubungan dengan permukaan bumi.

4. Star
Sistem informasi geografis merupakan sistem informasi yang dirancang untuk dapat bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial maupun koordinat geografi.

Dari beberapa definisi diatas dapat diartikan suatu kesimpulan bahwa sistem informasi geografis itu adalah sebuah sistem berbasi komputer yang dapat melakukan pekerjaan mengumpulkan data, menyimpan, dan juga menganalisis.

Sistem informasi geografis tidak hanya dipakai pada bidang geografi saja, namun juga dikembangkan dan dimanfaatkan dalam bidang lain seperti militer, politik, bisnis maupun perencanaan wilayah.

Semoga artikel mengenai pengertian sistem informasi geografis dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa baca juga artikel mengenai pengertian penginderaan jauh.

1 comment:

Unknown said...

Terima kasih artikelnya membantu. Dengan ini saya jadi tahu pengertian GIS. Kunjungi juga website saya: https://cerry.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/