Pages

Kandungan Gizi pada Telur Asin

Sunday 2 August 2015

Kandungan Gizi Telur Asin. Telur asin merupakan salah satu makanan khas dari daerah brebes. Apabila anda bepergian melalui jalur pantura dan melewati kota brebes pasti anda akan menjumpai banyak pedagang telur asin di daerah tersebut.

Telur asin biasanya terbuat dari telur bebek yang diawetkan menggunakan garam. Kandungan dari telur bebek di klaim lebih tinggi daripada telur ayam, selain itu rasa dari telur bebek juga lebih kenyal dan lebih mudah menyerap garam saat diawetkan.

Telur asin dapat dijadikan sebagai lauk saat makan ataupun di makan secara langsung tanpa nasi. Semakin berkembangnya inovasi kuliner telur asin banyak diolah dengan dipadu padankan dengan bahan makanan lain hingga menghasilkan masakan yang lebih menarik dan lebih nikmat lagi.

Baca juga : Resep Semur Telur Tahu

Semakin populernya telur asin di masyarakat indonesia membuat para produsen telur asin ini juga semakin banyak bermunculan. Di balik rasanya yang enak apakah anda sudah tahu apa saja kandungan gizi telur asin yang ternyata baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secukupnya.

Berikut akan di bahas beberapa kandungan gizi telur asin yang mungkin saja masih belum banyak yang tahu.

1. Vitamin

Telur asin telur bebek ini mengandung vitamin B12 dan Vitamin A. Vitamin B12 ini sangat baik bagi kesehatan saraf dan juga meningkatkan fungsi dari sel darah merah. Kandungan vitamin B12 pada telur asin sekitar 3,8 mikrogam. Vitamin A diketahui sangat baik untuk kesehatan mata kita, selain itu vitamin A juga dapat membabntu perkembangan sel baru. Kandungan vitamin A pada telur asin yaitu 472 IU. Selain dua vitamin tersebut, telur asin juga mengandung vitamin D, vitamin B kompleks dan vitamin E.

Baca juga : manfaat kuaci biji matahari

2. Mineral

Telur asin memiliki kandungan zat mineral selenium dan juga zat besi. Zat selenium baik bagi sistem kekebalan tubuh. Sementara itu zat besi sangat baik dalam membantu sel darah merah dalam mengangkut dan mengedarkan oksigen serta membantu tubuh dalam pembentukan energi. Selain dua jenis mineral tersebut telur asin juga memiliki kandungan zat mineral yang lainnya seperti seng, kalsium dan juga fosfor meskipun dalam jumlah yang kecil.

3. Protein, lemak dan karbohidrat

Telur asin memiliki kandungan protein sekitar 9 gram. 9,6 gram kandungan lemak serta kandungan karbohidrat sebanyak 1 gram. Ketiganya sangat baik dalam menghasilkan energi bagi tubuh serta memberikan efek mengenyangkan saat di konsumsi.

Itulah beberapa kandungan gizi telur asin. Meskipun banyak manfaatnya anda juga tetap harus mengkonsumsinya sewajarnya saja jangan berlebihan, karena diketahui bahwa kandungan kolesterol pada telur asin bebek ini jauh lebih tinggi di bandingkan dengan telur ayam. jadi bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya jangan berlebihan konsumsi telur asin.

Selain kandungan kolesterol yang tinggi telur asin juga biasanya mengandung banyak natrium yang berasal dari garam yang di pake untuk mengawetkan telur asin. Kandungan natrium yang terlalu tinggi kurang baik bagi anda penserita darah tinggi.

Semoga saja artikel mengenai kandungan gizi telur asin ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan kesehatan anda. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca juga kandungan gizi dan manfaat pisang ambon.
Sumber : www.carakhasiatmanfaat.com

No comments: