Pages

Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari

Thursday 18 June 2015

Manfaat kuaci biji bunga matahari. Bunga matahari merupakan bunga yang jarang dijumpai di kebun halaman rumah. Mungkin karena bunganya yang sedikit dan jarang yang menjual bibit bunga matahari. Padahal bunga yang berukuran agak besar ini dengan warna kuning yang cerah dapat mempercantik halaman rumah anda.

Bunga matahari ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai bunga penghias taman saja, karena ternyata biji bunga matahari yang biasa di sebut dengan kuaci ini ternyata juga sangat enak untuk dijadikan camilan.

Dan saya adalah salah satu penggemar camilan kuaci ini. meskipun harus capek saat mengkonsumsi camilan ini namun saya tidak pernah kapok untuk memakannya. Camilan kuaci biji bunga matahari ini seperti punya candu, sekali makan rasanya tak mau berhenti untuk memakannya hingga habis.

Meski terkesan sepele, ternyata kuaci biji bunga matahari juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita. Biji bunga matahari memiliki kandungan lemak tak jenuh sebanyak 90 persen, serta lemak monosaturated yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu kuaaci biji bunga matahari juga mempunyai kandungan vitamin E, vitamin B1, magnesium, selenium, mangan, tembaga dan juga fosfor.

Dengan banyaknya kandungan zat-zat tersebut tentu saja kuaci biji bunga matahari ini juga mempunyai manfaat serta dampak yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita. Yuk mari kita bahas satu persatu manfaat apa saja yang bisa peroleh dari kuaci biji matahari.

Manfaat yang pertama yaitu kandungan itamin E pada biji bunga matahri bisa dijadikan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin E pada biji bunga matahari juga dapat mencegah terkena penyakit jantung.

Manfaat kuaci biji bunga matahari yang kedua adalah sebagai anti inflamasi. Ternyata kandungan vitamin E pada biji bunga matahari juga dapat membantu menyembuhkan penyakit dan kondisi yang berkaitan dengan peradanagn. Vitamin E juga bisa digunakan untuk mengurangi kemungkinan terkena asma serta mengurangi resiko kanker usus besar.

Manfaat yang selanjutnya adalah kandungan folat pada biji bunga matahari yang baik bagi tubuh kita. Kandungan folat dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain folat ada juga kandungan vitamin B yang memiliki peran penting dalam membentuk RNA dan DNA serta produksi sel-sel tubuh yang baru. Vitamin B 1 pada biji bunga matahari juga dapat melindungi syaraf. Kandungan folat serta vitamin B12 membantu dalam pembentukan hemoglobin.

Manfaat lainnya adalah kandungan magnesium pada biji bunga matahari dapat membantu mencegah asma, mencegah migrain, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kemudian manfaat biji bunga matahari yang lain yaitu mengurangi resiko diabetes. Kandungan asam klorogenat pada biji bunga matahari dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Selain itu biji bunga matahari juga memiliki kandungan minerah fosfor dan magnesium yang baik baik kesehatan tulang kita.

Baca juga : penyebab diabetes

Itulah beberapa manfaat kuaci biji bunga matahari, meskipun bentuknya kecil dan melelahkan saat memakannya tetapi banyak manfaat yang terdapat dalam kuaci biji bunga matahari. jangan lupa baca juga manfaat buah pepaya. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

No comments: