Pages

Penyebab Diabetes : Sering Makan Tidak Teratur

Friday 23 January 2015


Penyebab Diabetes : Sering Makan Tidak Teratur. Apakah anda termasuk orang yang sering makan tidak teratur? Sebaiknya anda mulai mewaspadai gejala diabetes. Selama ini mungkin anda hanya mengetahui bahwa penyebab diabetes adalah karena terlalu banyak konsumsi yang manis-manis saja, namun ternyata sering makan tidak teratur juga merupakan salah satu penyebab diabetes.

Dokter spesialis penyakit dalam dan diabetes dari universitas sumatera utara mengungkapkan bahwa salah satu penyebab diabetes atau kencing manis adalah pola makan tidak teratur dan asupan gizi yang tidak seimbang. Penyakit diabetes juga bisa diderita oleh semua umur baik yang masih muda ataupun yang sudah dewasa.
Diabetes adalah suatu kondisi gangguan metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah atau disebut juga dengan hiperglikemia. Menurut beliau diabetes disebabkan karena tubuh kekurangan insulin atau jumlah insulinnya cukup, namun tidak dapat bekerja dengan baik. Insulin memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, insulin bekerja dengan jalan merangsang sel-sel tubuh agar menyerap gula, dan juga meningkatkan jumlah gula yang dapat disimpan dalam hati serta mencegah hati mengeluarkan terlalu banyak gula.

Ciri-ciri diabetes adalah mudah haus serta lapar, kerap buang air kecil, berat badan berkurang tanpa sebab yang jelas, dan cepat lelah serta mudah mengantuk. Gejala lain yang mungkin timbul yakni mudah tekena infeksi, luka sulit sembuh, sering kesemutan terutama di bagian kaki, sering timbul bisul dan penglihatan kabur.

Pemeriksaan gula darah secara mandiri merupakan usaha yang terpenting untuk mengendalikan diabetes. Agar tercapai gula darah yang terkendali, lakukan pemeriksaan gula darah bebrapa kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Diet atau pola makan yang seimbang serta olahraga secara teratur dapat mebantu anda untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah anda.

Mengingat betapa bahayanya penyakit diabetes, sebaiknya anda mulai meperhatikan pola makan anda, jangan menyepelekan waktu makan anda. Selain menyebabkan diabetes pola makan yang tidak teratur juga bisa menyebabkan anda terkena sakit magh serta naiknya asam lambung.

Kesehatan itu mahal harganya, karena berapapun banyaknya uang yang anda miliki dan betapa enaknya makanan yang ada didepan anda semuanya akan menjadi tidak memiliki nilai apapun saat anda sakit. Jadi sebaiknya jagalah kesehatan tubuh anda. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Baca juga ciri-ciri penyakit darah rendah serta penyebabnya. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga saja bermanfaat dan salam sehat.

No comments: