Pages

Penyebab Bayi Rewel dan Susah Tidur di Malam Hari

Thursday 5 February 2015


Penyebab Bayi Rewel dan Susah Tidur di Malam Hari. Mungkin banyak ibu-ibu muda yang dibingungkan oleh penyebab bayi rewel dan susah tidur di malam hari. Terkadang saat bayi terus menangis dan tidak mau tidur tentu akan membuat bundanya menjadi panik dan bingung harus melakukan tindakan apa. Hal ini membuat anda kebingungan dan kesulitan untuk menidurkan bayi anda. Meskipun anda sudah mencoba banyak cara, tetap saja sang buah hati tak mau tidur dan terus rewel.

Kebingungan dan kepanikan semacam ini bisa saja diakibatkan karena anda belum memahami masalah-masalah apa saja yang mungkin terjadi pada buah hati anda yang mengakibatkan dia sulit untuk tidur.

Berikut adalah beberapa masalah yang umum terjadi pada bayi yang tidak hanya akan membuatnya sulit untuk tidur tetapi juga akan membuatnya rewel dan terus menangis.
1. Hidung tersumbat

Di bulan-bulan pertama, terkadang sistem pernafasan bagian atas pada bayi belum cukup bersih. Hidung tersumbat seperti ini sangat umum terjadi pada bayi, dan ketika hal ini terjadi buah hati anda akan kesulitan untuk tidur dan menjadi rewel.

2. Tumbuh gigi

Tumbuh gigi bagi bayi adalah hal yang menyakitkan dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Ketika hal ini terjadi maka buah hati anda akan sulit untuk ditidurkan di malam hari dan bbisa dipastikan akan membuatnya menjadi rewel hingga pagi.

3. Waktunya ganti popok

Popoknya basah atau kotor seringkali akan membangunkan bayi yang tadinya sedang nyenyak-nyenyaknya tertidur pulas. Karena bayi belum mampu menahan rasa ingin buang air seperti halnya orang dewasa, hal seperti ini pasti akan sering terjadi. Sebaiknya anda sering memeriksa popok bayi anda saat tidur malam.

4. Kepanasan

Seperti halnya orang dewasa, kepanasan juga bisa menyebabkan seorang bayi sulit untuk tidur dan rewel. Suhu kamar yang panas serta selimut atau baju yang terlalu tebal akan membuat bayi anda kepanasan dan tidak nyaman. Dalam keadaan tidak nyaman akan membuat bayi anda menjadi susah tidur dan rewel.

Itulah beberapa hal umum yang sering dialami oleh bayi yang akan membuatnya menjadi rewel dan susah tidur di malam hari. Sebaiknya anda sebagai seorang ibu mulai belajar memahami hal-hal kecil semacam ini. dengan adanya sedikit pemahaman minimal akan mengurangi kepanikan anda saat bayi anda rewel.

Saat bayi anda rewel sebaiknya anda jangan terlalu panik terlebih dahulu tetapi coba cek apakah bayi anda mengalami salah satu dari penyebab diatas. Namun jika bayi anda tetap rewel meskipun tidak mengalami masalah-masalah yang telah dijelaskan diatas sebaiknya anda memeriksakan bayi anda ke dokter, karena biasanya bayi menjadi rewel karena demam.Jangan Lupa baca juga Tips Aman Gendong Bayi Baru Lahir.

Semoga artikel ini bisa membantu. Berbahagialah menjadi seorang ibu.

No comments: