Pages

Kiat Menjaga Kesehatan di Usia Senja

Wednesday 25 February 2015

Saat memasuki usia senja sebaiknya anda mulai memperhatikan beberapa kiat menjaga kesehatan di usia senja agar tubuh anda tetap sehat dan juga bugar. Merawat diri sendiri adalah hal penting dalam hidup. Saat anda mulai beranjak tua, justru anda harus lebih perhatian pada kondisi tubuh anda. Tubuh anda memerlukan perawatan lebih daripada sebelumnya. Tak hanya perawatan fisik tetapi juga perawatan mental.

Berikut adalah beberapa tip kiat menjaga kesehatan di usia senja seperti yang dilansir eHow :


1. Makan sayuran

Usia bertambah akan menjadi terhadap berbagai macam penyakit. Oleh karena itu agar penyakit tidak menyebar pada beberapa organ tubuh, anda harus bisa mengantisipasinya. Hindari dan kurangi makanan berlemak dan perbanyaklah asupan sayuran agar tubuh tetap sehat dan bugar di usia senja.

2. Jalan kaki

Berjalan adalah aktivitas termudah dan menyehatkan tubuh. Jalan kaki akan memperkuat jantung pria, terhindar dari diabetes 2, serta menguatkan fungsi fisik.

3. Waktu tidur yang cukup

Mendapatkan tidur malam yang baik sangat penting untuk memelihara kesehatan yang prima. Ha ini memberikan waktu untuk tubuh beristirahat dan memulihkan kebugaran tubuh. Pastikan bahwa anda tidak terganggu oleh suara televisi atau ponsel yang membuat tidur anda menjadi tidak nyaman.

4. Rutin melakukan check-up

Dengan rutin melakukan kontrol kesehatan ke dokter dapat membantu mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan tubuh anda. Hal ini menjadi penting karena ada beberapa jenis penyakit yang memiliki gejala yang tidak menonjol namun membahayakan nyawa anda.

5. Hindari alkohol

Untuk menjaga kesehatan yang maksimal, hindarilah mengkonsumsi alkohol. Selain itu juga jauhi juga tembakau. Dua hal itu sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda, apalagi di usia senja.

6. Bersosialisasi

Mempertahankan hubungan sosial akan membuat anda terus ceria dan menyehatkan mental anda. Meskipun sudah tua tidak berarti anda tidak bisa begaul. Makan malam bersama teman, pergi jalan-jalan, karoke adalah beberapa contoh kegiatan yang menyenangkan yang dapat menyegarkan pikiran dan hati anda.

7. Tingkatkan kekuatan otak

Saat usia bertambah, fungsi tubuh justru akan berkurang. Untuk memperkuat otak anda ketika tua, anda bisa melatihnya dengan bemain catur, scrabble, teka-teki silang serta sudoku. Permainan yang mengasah otak ini bisa membuat anda tida mudah pikun.

8. Menghabiskan waktu di luar

Menghirup udara segar dan berjemur di bawah sinar matahari adalah aktivitas singkat yang dapat menjadikan tubuh anda sehat serta meningkatkan suasana hati anda. Lakukanlah selama 15 hingga 20 menit/hari.

9. Menyesuaikan sikap

Salah satu cara terbaik untuk berpikiran positif tentang diri sendiri adalah dengan optimis. Pikiran yang positif serta optimis dapat membantu menjaga pikiran anda dan kesejahteraan emosional dalam kondisi yang baik. Apabila kondisi mental baik, maka anda dapat beraktifitas dengan baik pula. Usia senja bukan berarti anda tidak bisa melakukan banyak kegiatan. Dengan kondisi fisik dan mental yang sehat akan membuat anda tetap aktif seperti ketika masih muda.

Itulah beberapa kiat untuk menjaga kesehatan di usia senja. Bagi anda yang masih muda jangan mau kalah sama yang sudah senja. Yang sudah senja saja masih beraktifitas untuk terus menjaga kesehatan, masa yang muda hanya duduk siam saja.

No comments: