Pages

Khasiat Minyak Kelapa

Friday 6 March 2015

Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa. Tentu saja kita tidak asing lagi dengan minyak kelapa, namun kebanyakan dari kita masih awam mengenai khasiat minyak kelapa itu sendiri. Hampir di setiap rumah pasti kita akan dengan mudah mendapati minyak kelapa. Sebagian orang hanya tau bahwa minyak kelapa hanya memiliki fungsi sebagai bahan untuk menggoreng, namun ternyata masih banyak khasiat lain yang masih bisa kita dapatkan dari minyak kelapa.

Kita semua tentu pernah mengalami masalah kesehatan mulut dan gigi. Mulai dari bau nafas yang tak sedap, karies, kerak gigi hingga gigi berlubang. Terkadang masalah gigi juga bisa membuat kita mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya.

Namun, bagaimana jika sebenarnya ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi semua masalah gigi? sekarang ini banyak orang yang membicarakan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan mulut dan gigi. Berkumur dengan minyak kelapa sehari sekali diklaim bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan gigi, seperti yang dilansir oleh Health me Up berikut ini :
1. Mencegah gigi berlubang

Mulut kita selalu dipenuhi oleh bakteri setiap waktu. Bakteri inilah yang akan menjadi penyebab munculnya plak dan menyebabkan gigi berlubang. Sementara menggosok gigi dan melakukan flossing bisa mengurangi plak yang terbentuk pada gigi, namun bekumur dengan minyak kelapa direkomendasikan untuk mencegah gigi berlubang. Suatu penelitian yang telah dilakukan mengungkap bahwa berkumur dengan minyak kelapa sehari sekali bisa mengurangi jumlah muatan bakteri streptococcus pada gigi selama dua minggu.

2. Mencegah gingivitas

Gingivitas adalah penyakit gusi yang disebabkan oleh bertambahnya plak diantara gigi. Jika dibiarkan ini bisa menyebabkan gigi berdarah dan tulang gigi yang rusak. Bekumur dengan minyak kelapa terbukti bisa mengatasi dan mencegah gingivitas hingga 60 persen jika dibandingkan dengan menggosok gigi dan flossing.
baca juga : manfaat buah kelapa

3. Mencegah bau mulut

Bau mulut atau halitosis adalah masalah paling umum yang sering kli dialami oleh banyak orang dan bisa memalukan serta menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba mengunyah mint atau permen. Namun ini hanya bisa mengatasi masalah bau mulut hanya untuk sementara saja. Berkumur dengan minyak kelapa diketahui bisa mengatasi masalah bau mulut lebih baik daripada hanya mengunyah permen maupun mint.

Itulah beberapa khasiat minyak kelapa untuk kesehatan mulut dan gigi. Khasiat ini memang baru diuji beberapa kli, namun tak ada salahnya mencoba cara yang tergolong alami dan tak banyak menimbulkan efek samping. Selain mencoba cara alami diatas tentu saja anda harus tetap rajin menggosok gigi minimal sehari dua kali untuk meminimalisir adanya gangguan penyakit pada gigi dan mulut.

No comments: