Pages

Tips Aman Gendong Bayi Baru Lahir

Wednesday 18 February 2015

Tips Aman Gendong Bayi Baru Lahir. Sebagai seorang ibu seharusnya anda mengetahui mengenai tips aman menggendong bayi baru lahir. Salah satu keraguan yang paling umum dihadapi semua ibu adalah cara menggendong bayi yang baru lahir. Menggendong atau Memegang bayi yang baru saja lahir menjadi sangat penting karena tindakan ceroboh bisa membahayakan bayi anda yang masih memiliki otot leher yang masih sangat lemah.

Bagi anda yang masih bingung tentang cara menggendong bayi yang baru lahir, berikut akan dijelaskan mengenai beberapa tips yang mudah dan efektif yang dapat membantu anda saat menggendong bayi baru lahir seperti yang dirilis Boldsky :
1. Cari posisi yang nyaman

Ada banyak cara bebeda untuk menggendong bayi. Cobalah memilih yang [paling nyaman. Jika anda bertanya pada ibu-ibu yang sudah berpengalaman tentang cara menggendong bayi baru lahir, mereka mungkin menyarankan anda mengayun-ayunnya dan meletakannya ke bahu menjadi posisi yang paling nyaman.

2. Lakukan perlahan-lahan

Angkat bayi hanya setelah anda yakin memegangnya dengan baik. Cara yang aman untuk memegang bayi adalah dengan meletakkan satu tangan di bawah kepala bayi untuk memberikan dukungan, sekaligus menjaga tangan anda yang lain di bagian bawah. Ini akan membantu menjaga leher bayi anda mendapat dukungan dan bayipun akan menjadi merasa nyaman. Jika anda masih tak yakin bagaimana menggendong bayi baru lahir, anda bisa meminta dokter memberi tahu teknik yang benar tentang cara menggendong bayi baru lahir.

3. Hati-hati

Behati-hatilah ketika anda mengangkat kepala bayi. Selalu berikan dukungan ke kepala serta leher bayi, karena bayi yang baru lahir tak memiliki kontrol otot leher.

4. Bahu jadi pijakan

Angkat bayi anda dan bawalah ia dekat dengan dada anda dengan kepala di atas bahu anda. Berhati-hatilah memberikan dukungan dikepala dan lehernya dengan satu tangan, sambil menjaga sisi laindi bagian bawah. Satu hal yang perlu diketahui adalah memegang bayi baru lahir yaitu dengan meletakannya di bahu merupakan posisi yang terbaik untuk bayi anda.

5. Mengayun-ayun

Posisi paling umum menggendong bayi baru lahir adalah dengan mengayun-ayunkannya. Jauhkanlah kepala bayi dari dada sementara letakan tangan dari bawah ke atas untuk mendukung lehernya. Pindahkan dengan lembut kepalanya ke lekukan lengan anda dan berikan dukungan pada bagian lehernya.

6. Tahan dengan aman

Setelah mengangkat bayi, bawalah ia dekat dengan kehangatan anda. Ini tak hanya akan membuat bayi merasa aman dan nyaman, tetapi juga akan membantu anda mendapat keseimbangan saat menggendongnya. Anda bisa menahan bayi dengan meletakannya menghadap anda dengan lutut dan kaki menyentuh perut anda.

baca juga : Penyebab Bayi Tidur Tidak Nyenyak

Nah itulah beberapa tips aman untuk menggendong yang baru lahir, jadi para calon ibu sebaiknya anda sudah mulai belajar mengenai cara-cara menggendong bayi baru lahir, agar saat bayi anada lahir anada sudah tidak canggung dan kebingungan lagi saat akan menggendong bayi anda. Selamat belajar menjadi ibu yang hebat. Selalu berbahagialah menjadi seorang ibu. 

No comments: