Pages

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Wednesday 7 January 2015

Banyak sekali manfaat seledri untuk kesehatan. Banyak diantara kita yang belum mengetahui mengenai manfaat seledri selain untuk pelengkap isian sop. Mungkin kita juga sudah mengenal bahwa seledri juga bagus untuk pertumbuhan rambut pada bayi. Namun ternyata masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi seledri secara rutin.

Selain memiliki banyak manfaat seledri juga termasuk jenis sayuran sangat mudah dijumpai dimana saja dan juga memiliki harga yang terjangkau. Sayuran seledri juga tidak mengenal musim. Jadi kita bisa menjumpai sayur seledri sepanjang tahun.
Sayuran seledri ini banyak tumbuh didaerah pegunungan yang sejuk. Namun kita juga sangat mudah mencarinya di pasar-pasar tradisional maupun di pasar-pasar modern. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang terdapat dalam seledri, mari kita bahas satu persatu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat seledri untuk kesehatan :

1. Mengurangi stress

Seledri banyak mengandung mineral seperti magnesium dan minyak esensial. Menurut sebuah penelitian yang mengungkapan bahwa ternyata magnesium dan minyak esensial dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Konsumsi seledri pada malam hari juga dipercaya dapat membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak.

2. Dapat mengurangi peradangan

Konsumsi seledri sangat baik untuk penderita nyeri sendi, infeksi paru-paru, asma, dan bahkan bagi anda yang bermasalah dengan jerawat. Konsumsi seledri dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Baca juga manfaat jeruk nipis untuk mengurangi jerawat.

3. Mengatur keseimbangan asam tubuh dan membantu pencernaan

Seledri memiliki kandungan kadar air yang tinggi serta kandungan serat yang tinggi pada seledri sangat baik untuk membantu kerja sistem pencernaan. Namun perlu diingat juga, bahwa seledri memiliki sifat diiuretik dan pembersih yang harus dihindari bagi penderita diare.

4. Menjaga kesehatan mata

Satu tangkai besar seledri dapat memberikan sebanyak 10% kebutuhan vitamin A sehingga dapat mencegah degenerasi usia yang berkaitan dengan mata.

5. Mengurangi kolesterol

Sebuah penelitian yang dulu pernah dilakukan di universitas Chicago menunjukkan bahwa konsumsi dua tangkai seledri sehari dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) hingga 7 miligram perdesiliter.

6. Menurunkan tekanan darah

Suatu senyawa aktif phthalides dalam seledri telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Dapat meningkatkan gairah seksual

Kandungan yang terdapat dalam seledri juga dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual.

8. Dapat memerangi kanker

Dua penelitian dari university of Illinois menunjukan bahwa flavonoid kuat dalam seledri atau disebut juga luteolin dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker, terutama pada organ pankreas. Sedangkan menurut studi lain menunjukkan bahwa asupan rutin seledri secara signifikan dapat menunda pembentukkan sel-sel kanker payudara.

Nah kan ternyata banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari konsumsi seledri. Jadi mulailah berpikir untuk memasukan seledri dlam daftar belanja dan daftar menu masakan anda. Semoga artikel saya dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

No comments: