Pages

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

Monday 5 January 2015

Apakah anda sudah tahu manfaat dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan? Ternyata banyak sekali manfaat dari jeruk nipis bagi tubuh kita. Mungkin selama ini kita sering menyepelekan keberadaan buah yang terasa asam ini, namun ternyata dibalik rasa asamnya ada banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita.

Selama ini orang hanya memanfaatkan jeruk nipis hanya sebagai salah satu bumbu masak, seperti untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Atau juga sebagai campuran bahan untuk mencuci perabotan dapur dan peralatan masak yang banyak mengandung lemak. tanpa pernah menyadari manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan.
Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, asam sitrat, zat besi, fosfor, limonenem dan juga linalool. Selaim kandungan kandungan vitamin tersebut ternyata jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, antara lain :

1. Merawat mata

Zat flavonoid yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan mata dari berbagai jenis infeksi. Selain itu jeruk nipis juga dapat membantu mencegah penuaan dini dan degenerasi pada mata.
2. Obat alami Tekanan darah tinggi

Kandungan vitamin yang terdapat dalam jeruk nipis dapat mengobati hipertensi. Menurut beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai obat alami untuk penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).

3. Merawat wajah

Kandungan zat-zat dalam jeruk nipis dapat membantu melembutkan kulit wajah, membuat wajah tampak lebih putih dan merapatkan pori-pori wajah. Baca juga cara alami mengilangkan komedo.

4. Memperlancar pencernaan

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis mampu memperlancar pencernaan karena kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis lebih besar dibanding dengan jenis jeruk yang lain. Selain itu jeruk nipis juga dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti ambient, batu ginjal, sembelit dan juga radang tenggorokan.

5. Mencegah jerawat

Antioksida yang terdapat dalam jeruk nipis dapat mengobati masalah pada kulit wajah, seperti jerawat. Jeruk nipis mampu mengurangi kadar minyak pada kulit wajah, yang bisa menyebabkan timbulnya bakteri penyebab jerawat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

No comments: