Pages

Resep Udang Saos Padang

Saturday 13 June 2015

Resep udang saos padang. Berawal dari rasa penasaran saya mengenai makanan kegemaran teman saya ini membawa saya pada sebuah pencarian tentang cara memasak dan resep udang saos padang. Makanan laut dengan bahan dasar udang serta saos yang pedas ini memang enak dinikmati apalagi dinikmati beramai-ramai dengan teman-teman. Udang biasanya hanya di masak goreng mentega, goreng tepung, asam manis ataupun dimasak udang saos tiram. Kali ini saya penasaran dengan resep udang saos padang.

Dari hasil penasaran saya, akhirnya saya temukan sebuah resep udang saos padang yang merah menyala serta hot di lidah. Bagi anda penggila makanan laut serta penyuka masakan pedas udang saos padang ini akan menjadi pilihan yang tepat.
Langsung saja ya kawan kita simak apa saja bahan serta bagaimana cara membuat resep udang saos padang.

Bahan yang di butuhkan :

- Bahan utamanya yaitu udang sebanyak 500 gram. Sebaiknya pilih udang dengan ukuran yang sedang, jangan terlalu kecil. Bersihkan udang dengan di buang bagian kepala serta kotorannya. Belah pagian punggung udang agar mudah saat memakannya.

- Daun bawang sebanyak 3 batang, diiris serong

- Lengkuas 1 ruas ibu jari, memarkan

- Daun jeruk 3 lembar

- Tomat merah 1 buah

- Bawang bombay, setengah saja

- Jahe 2 cm

- Bawang merah 5 buah

- Bawang putih 3 siung

- Cabai galak atau cabe rawit 3 buah

- Cabe merah besar 5 buah

- Saos sambal sebanyak 2 sendok makan

- Tepung maizena untuk mengentalkan bumbu sebanyak 1 sendok makan

- Saos tiram 4 sendok makan

- Merica bubuk secukupnya

- Margarin untuk menumis

- Garam secukupnya

- Air matang sebanyak 150 mili

Cara membuat resep udang saos padang

- Langkah pertama yaitu rebus udang yang telah dibersihkan dan juga sudah dibelah bagian punggung namun jangan sampai puttus, hanya sebagai sayatan saja. Rebus hingga matang.

- Sementara itu tumislah bawang merah, bawang bombay bawang putih menggunakan margarin. Tumis hingga mengeluarkan bau harum

- Kemudian tambahkan tomat, jahe, cabai rawit, cabai merah besar ke dalam tumisan. Tumis dengan menggunakan api sedang saja. Masukkan daun bawang yang sudah di iris serong.

- Lalu masukkan saos sambal dan juga saos tiram. Aduk rata.

- Tambahkan garam, gula pasir serta merica bubuk

- Kemudian tambahkan air matang sebanyak 150 mili

- Tambahkan tepung maizena yg sudah diencerkan dengan air ke dalam tumisan. Tepung maizena ini digunakan untuk mengentalkan saos.

- Kemudian tambahkan udang dan aduk rata. Masak hingga bumbu meresap ke dalam udang.

- Angkat dan sajikan.

Ternyata gampang kan masak resep udang saos padang ? jadi kalo pas lagi ada udang di rumah dan bingung mau di masak apa, anda bisa mencoba resep udang saos padang. Selamat mencoba, dan semoga hasilnya enak ya.... jangan lupa baca juga resep cumi goreng tepung.

No comments: