Pages

Mengenal Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Saturday 6 June 2015


Manfaat Puasa. Bagi anda yang beragama islam, tentu puasa bukanlah hal yang asing lagi. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Pada bulan puasa umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh. Selain untuk memenuhi kewajiban sebagai muslim, ternyata manfaat puasa juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Puasa sering dikaitkan dengan proses pengeluaran zat racun dari dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Apalagi jika puasa di bulan ramadhan tentu akan membawa banyak manfaat bagi tubuh kita. Berikut akan dijabarkan beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita :

1. Dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak

Dengan berpuasa kemampuan neurotropik yang diturunkan dari otak dapat meningkat. Neuritropik ini berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi lebih banyak sel-sel otak, yang pada akhirnya bisa meningkatkan fungsi otak. Pada saat berpuasa hormon kortisol dapat menurun.hormon ini juga yang dapat menurunkan seseorang terkena stress.

2. Menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah

Jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Saat kita berpuasa tubuh meningkatkan produksi HDL dan menurunkan LDL. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah.

3. Puasa dapat menurunkan kadar kolesterol

Puasa juga bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Selain penurunan berat badan orang yang berpuasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan kadar kolesterol yang rendah baik bagi kesehatan jantung kita sehingga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung serta stroke.

4. Membantu mengurangi beberapa kebiasaan buruk

Puasa merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok serta pola makan yang kurang teratur.

5. Berpikir lebih tajam dan kreatif

Berpuasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang serta melambat. Dan menurut sebuah hasil penelitian pikiran yang melambat justru akan membuat pikiran bekerja dengan lebih tajam.

6. Membantu dalam mengontrol berat badan

Puasa dapat mebantu tubuh dalam menurunkan berat badan. Dengan berpuasa anda tidak perlu repot mengikuti program diet yang berat.


7. Dapat menyehatkan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting. Ginjal berfungsi sebagai penyaring zat yang berbahaya bagi tubuh kita dari makanan serta minuman yang kita konsumsi. Keerja ginjal akan mencapai maksimal ketika kekuatan osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000ml osmosis / kg air. Dan hal dapat tercapai ketika berpuasa.

8. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Puasa dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

9. Mencegah diabetes

Diabetes dapat disebabkan karena tingginya konsumsi gula serta kolesterol dalam tubuh. Berpuasa dapat membantu seseorang dalam mengontrol makan dengan kadar gula serta kolesterol.


baca juga : penyebab diabetes

10. Menyerap banyak nutrisi

Berpuasa dapat membantu tubuh melakukan metabolisme yang lebih efisien. Dengan metabolisme yang efisien membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal.

Demikian beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Selain menjalankan ibadah ternyata puasa juga menyehatkan. Jadi jangan pernah mengeluh atau terpaksa saat menjalankan ibadah puasa.

Sumber : ayokesehatan.blogspot.com

No comments: