Pages

Cara Menyembuhkan Kapalan

Wednesday 24 June 2015

Cara Menyembuhkan dan Menghilangkan Kapalan. Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kapalan. Kapalan adalah penebalan pada bagian kulit tertentu yang akan menjadikan kulit menjadi kasar. Kapalan ini diakibatkan karena terjadinya gesekan secara terus menerus pada bagian kulit tertentu yang membuat permukaan kulit menjadi lebih tebal di banding yang lain.

Kapalan biasanya terjadi pada permukaan kaki ataupun permukaan telapak tangan. Sebenarnya kapalan tidak mengganggu aktifitas kita, tetapi kapalan akan mengurangi rasa percaya diri kita. Terutama bagi yang kapalan di telapak tangan. Saat berjabat tangan dengan orang lain akan terasa sangat kasar. Tentu saja hal ini menjadikan kita kurang percaya diri bukan

Nah mari kita cari tahu bagaimana sebenarnya cara yang bisa kita tempuh untuk menghilangkan dan menyembuhkan kapalan.

Berikut adalah cara sederhana untuk menghilangkan kapalan.

1. Rendamlah kaki atau tangan yang terkena kapalan menggunakan air hangat selama lebih kurang 20 menit. Kemudian gosok menggunakan batu apung secara perlahan pad bagian yang kapalan. Lakukanlah cara ini selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara rutin.

2. Oleskan lotion khusus pada bagian yang kapalan agar kulit tidk kering

3. Anda bisa juga mengoleskan minyak zaitun pada bagian yang kapalan. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang baik bagi kulit.

4. Jangan pernah menggunting atau mngirirs kapalan sendiri karena bisa berbahaya. Selain alat yang digunakan tidak steril bisa saja malahan menimbulkan luka baru.

Selain empat cara diatas ada juga cara yang lebih praktis untuk menyembuhkan kapalan. Yaitu dengan menggunakan obat kapalan yang banyak di jual di apotik. Salah satunya yaitu calusol. Cara menggunakan calusol ini adalah menggunakan kapas selebar luka kapalan yang sudah ditetesi dengan cairan kalusol. Tempelkan kapas tersebut pada kapalan yang sudah dibersihkan, kemudian tutup menggunakan plester agar tidk geser-geser. Ganti kapas penutup setiap kali habis mandi.

Sebenarnya kapalan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun bagi penderita diabetes kapalan menjadi harus lebih diperhatikan karena bisa berakibat kurang baik. Bagi penderita kapalan sebaiknya konsultasikan ke dokter saat ingin menyembuhkan kapalan. Jangan pernah sekali-kali mengguntng kapalan sendiri karena bisa menimbulkan luka baru yang akan sulit sembuh dan bisa menjadi semakin parah.

Baca juga ; penyebab diabetes

Lalu kapan sebaiknya penderita kapalan ini harus memeriksakan diri ke dokter? Pertama ketika kapalan menjadi terasa sakit serta meradang yang ditandai dengan kapalan menjadi bengkak dan memerah. Yang kedua anda harus memeriksakan diri kedokter untuk menghilangkan kapalan jika anda adalah penderita diabetes.

Ada juga beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kapalan, seperti :

1. Perasan Jeruk lemon

Perasan jeruk lemon bisa mengurangi nyeri pada kapalan. Oleskan perasan jeruk lemon pada kapalan selama satu malam

2. Pepaya mentah

Haluskan beberapa potong pepaya mentah, kemudian tempelkan pad kulit yang kapalan.

3. Bawang putih

Haluskan bawang putih, kemudian tempelkan pada kulit yang kapalan.

Baca juga : manfaat bawang putih

4. Kentang

Parut atau haluskan kentang kemudian tempelkan pada kulit yang kapalan, tutup menggunakan kapas selama 2 hingga 3 jam.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: