Pages

Berbagai Macam Jenis Kurma

Sunday 12 July 2015

Berbagai Macam Jenis Kurma. Kurma adalah makanan khas umat muslim terutama ketika musim ramadhan dan lebaran haji. Kurma biasanya disajikan sebagai menu berbuka puasa. Buah dengan rasa manis ini memiliki banyaknya kandungan zat bergizi yang sangat baik bagi tubuh kita.

Kurma juga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang di istimewakan dalam islam, karena disebutkan dalam kita suci Al-quran ( baca : buah-buahan dalam islam dengan khasiat ajaib). Sama halnya seperti buah pisang, kurma juga memiliki banyak jenis dan macam.



Berikut akan dijabarkan beberapa jenis kurma yang biasa dijual di pasaran sebagai menu hidangan khas ramadhan dan juga oleh-oleh hahji.

1. Kurma ajwa

Kurma ajwa ini biasa disebut juga dengan kurma nabi. Kurang ajwa merupakan kurma kegemaran nabi Muhammad. Pohon kurma ajwa ini hanya tumbuh di daerah madinah. Kurma ajwa memiliki ciri-ciri : berwarna hitam dengan tekstur yang lembut dan rasanya tidak terlalu manis menyerupai rasa kismis.

2. Kurma sekki

Kurma seki berwarna kekuningan pada bagian atasnya dan berwarna kecoklatan di bagian bawahnya. Rasa manis dari kurma ini termasuk sedang. Bagian yang berwarna kekuningan biasanya lebih keras sedangkan yang berwarna kecoklatan lebih lembut dan empuk.

3. Kuram jenis barhi

Kurma barhi adalah salah satu jenis kurma yang paling mudah di jumpai. Kurma jenis ini bisa dijumpai tidak hanya pada musim ramadhan saja. Warna dari kurma barhi adalah coklat cerah dengan rasa yang manis dan lembut seperti karamel.

4. Kurma khidri

Kurma khidri memiliki tekstur yang lebih kenyal dan kering dengan warna merah marun.

5. Kurma sokari

Kurma sokari memiliki rasa yang manis dan sedikit kering. Kurma ini merupakan kurma yang paling banyak disukai di saudi arabia.

6. Kurma silaj

Kurma silaj berbentuk lonjong dengan warna coklat kemerahan. Kurma silaj memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis yang sedang.

7. Kurma majol

Kurma majol memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur yang lembut serta kenyal. Daging buah kurma majol ini berwarna coklat mengkilap.

8. Kurma monief

Kurma monief berukuran tida terlau besar dengan warna coklat terang. Daging buah kurma monief lembut dan tingkat manis yang sedang.

Itulah beberapa jenis kurma dan sebenarnya masih ada banyak lagi jenis kurma yang lain, namun untuk ssementara di bahas 8 jenis buah kurma terlebih dahulu. Semoga saja pembahasan kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca juga artikel mengenai tips memilih kolang-kaling.

Sumber : http://www.experdfresh.com/articles/kurma-dan-khasiatnya/

No comments: