Pages

Beragam Manfaat Berwudhu yang Belum Anda Ketahui

Saturday 11 July 2015

Beragam Manfaat Wudhu yang Belum Anda Ketahui. Berwudhu selalu identik dengan sholat. Setiap muslim sebelum melakukan sholat diharuskan untuk berwudhu. Berwudhu bertujuan untuk membersihkan diri dengan menggunakan air yang suci dan dengan membasuh beberapa anggota badan kita dengan tata cara yang sudah ditentukan. Berwudhu menjadi salah satu syarat dari sahnya sholat kita.

Kegiatan berwudhu memang terkesan sepele dan sederhana, namun dibalik semua itu ada banyak manfaat wudhu yang dapat kita peroleh. Bahkan nabi muhammad menyarankan kepada umatnya untuk rajin berwudhu meskipun tidak akan melakukan sholat.



Baca juga : manfaat puasa
Manfaat Berwudhu memberikan banyak efek positif bagi kita, antara lain :

1. Dapat mencerahkan wajah

Dengan sering rajin berwudhu otomatis kita juga sudah mencuci muka kita, karena salah satu gerakan berwudhu adalah membasuh bagian muka yang tentu saja akan membersihkan wajah kita dari kotoran serta debu yang menempel pada wajah kita. Selain itu membasuh muka ini juga dapat membabntu membersihkan mata kita dari kuman dan debu serta melindungi dari infeksi.

Baca juga : manfaat jeruk nipis

2. Dapat menggugurkan dosa kita

Manfaat wudhu dapat menggugurkan dosa seperti yang terdapat dalam sebuah hadis “Barangsiapa berwudhu dengan baik maka akan keluarlah dossa-dosa dari tubuhnya sampai ada yang keluar dari bawah kukunya”.

3. Membuat tubuh menjadi rileks

Dengan berwudhu dapat menyentuh beberapa pusat-pusat syaraf yang terdapat pada dahi, kaki dan tangan. Pusat syaraf tersebut ternyata sangat sensitif dengan air segar.

4. Mencegah terkena kaner kulit

Salah satu penyebab dari penyakit kanker kulit adalah menempelnya keringat, minyak serta bahan-bahan kimia pada permukaan kulit kita. Dengan berwudhu berarti secara rutin kita membersihkan kulit kita, sehingga dapat mengurangi terkena penyakit kanker kulit.

5. Detak jantung menjadi normal

Melihat dari banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dengan berwudhu, semakin meyakinkan kita bahwa segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah dan dan dicontohkan oleh nabi Muhammad pasti banyak membaawa kebaikan bagi kita. Bahkan rasul juga mengnajurkan untuk berwudhu sebelum tidur, karena ternyata berwudhu sebelum tidur juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kita, antara lain :

1. Membuat otot-otot menjadi rileks.

Percikan air saat kita berwudhu secara medis diterangkan ternyata dapat merilekskan otot-otot kita yang tegang karena telah beraktifitas seharian.

2. Didoakan oleh malaikat

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

3. Membuat wajah menjadi cerah

Manfaat berwudhu selanjutnya adalah mencerahkan kulit wajah. Dengan berwudhu sebelum tidur berarti sudah membersihkan wajah kita dari kotoran, bakteri dan debu yang menempel pada kulit wajah.

Semoga saja artikel mengenai manfaat berwudhu dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: