Pages

Ini Alasan Mengapa Bahaya Makan Mie Instan Dicampur Nasi

Wednesday 8 July 2015

Ini Alasan Mengapa Bahaya Makan Mie Instan Menggunakan Nasi. Mie instan adalah makanan yang sangat identik dengan anak kos. Selain mudah diolah dan gampang diperoleh dimana-mana, mie instan juga mempunyai harga yang terjangkau, sesuai dengan anak kos. Mi instan biasanya dipadukan dengan telur dan juga cabe hingga rasanya sangat mengugah selera.

Padahal sebenarnya banyak sekali bahaya yang mengintai apabila kita sering mengkonsumsi makanan instan yang satu ini. bahaya makan mie instan mungkin sudah tida terlalu asing di telinga anda, sekedar mengulang saja barangkali ada yang belum tahu atau lupa mengenai bahaya terlalu sering konsumsi mi instan :

1. Dapat menyebabkan kerusakan pada hati

Kandungan Proplene Glycol pada mie isntan sangat berbahaya bagi hati. Selain merusak kerja hati kandungan zat tersebut juga dapat mengganggu sistem kerja ginjal.

2. Menyebabkan diabetes dan kencing manis

Jangan salah meskipun rasanya yang lebih dominan gurih, ternyata mie instan juga mempunyai kandungan gula yang dapat mengakibatkan diabetes dan juga kencing manis.

Baca juga : penyebab diabetes

3. Dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol

Kandungan garam yang cukup tinggi pada mie instan dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol.

4. Mengakibatkan tekanan darah tinggi

Banyaknya kandungan zat berbahaya dalam mi instan juga dapat memicu terkena tekanan darah tinggi. Selain itu zat kimia tersebut juga dapat mengganggu metabolisme tubuh kita.

5. Menghambat penyerapan nutrisi

Apapun alasanya konsumsi mie instan terlalu sering juga sangat tid dianjurkan apalagi bagi ana-anak, hal ini karena kandungan zat kimia dalam mie instan juga dapat menghambat penyerapan nutrisi.

6. Menyebabkan kanker dan stroke

Kannker adalah salah satu penyakit yang mematikan, tentu saja anda tida mau kan terkena penyakit yang satu ini. jadi sebaiknya mulailah mengurangi konsumsi mie instan. Selain kanker mie instan juga dapat menyebabkan stroke. 
 
baca juga : benarkah konsumsi sayap dan ceker sebabkan kanker?

7. Memicu terserang sakit kepala

Kandungan MSg yang cukup banyak pada mie instan juga dapat memicu terkena sakit kepala serta dapat mengganggu sistem pernafasan.

Ternyata banyak kan bahaya dari konsumsi mie instan yang terlalu sering. Kebiasaan orang indonesia sekarang adalah mengkonsumsi mie instan dengan di tambahkan nasi. Hal ini dengan anggapan dapat mengenyangkan dan mie instan dijadikan sebagai pengganti lauk yang jauh lebih praktis.

Ternyata ada juga bahaya yang mengintai selain beberapa bahaya diatas. Bahaya makan mie instan yang dicampur dengan nasi adalah kandungan kalori pada mie instan sekitar 400 kalori dan ini sebanding dengan kandungan kalori pada nasi porsi sedang dan lauk. Apabila kita makan mi instan yang ditambah dengan nasi hal ini tentu akan membuat jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita menjadi sangat berlebih. Tingginya kandungan kalori dari perpaduan keduanya akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Selain itu perpaduan karbohidrat yang terdapat dalam nasi dan mi instan juga bisa menaikkan angka glikemik yang dapat membuat kadar gula di dalam darah juga akan meningkat. Dengan tingginya gula dalam darah dapat memicu terkena diabetes.

Sekarang apakah anda masih mau konsumsi mie instan secara berlebihan? Apabila anda memang pecinta mie instan sebaiknya anda mulai menbatasi konsumsi mie instan ini paling tidak seminggu sekali saja. Dan saran saya si daripada di campur dengan nasi sebaiknya anda mencampurnya dengan sayuran, telur maupun daging.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Sumber : vemale.com & halosehat.com

No comments: