Pages

Jangan Panik Ketika Anak Demam, Lakukan Ini

Sunday 24 May 2015


Jangan Panik Ketika Anak Demam, Lakukan Ini. Orang tua mana yang tidak akan panik dan bingung ketika menjumpai anaknya terkena demam tinggi. Apalagi bagi orang tua baru yang masih minim pengalaman. Apabila mengalami hal ini pasti banyak orang tua yang langsung panik dan mencari berbagai cara untuk dapat menyembuhkan anaknya, tak jarang juga yang langsung memberikan obat penurun demam atau bahkan langsung mebawa anaknya ke instalasi gawat darurat.

Demam memang bisa mengakibatkan kematian ataupun cacat permanen, karena itulah banyak orang tua yang menjadi sangat panik saat mengetahui anaknya terkena demam. Sebaliknya ada juga beberapa orang tua yang justru malahan menyepelekan ketika anaknya demam, dan menganggap bahwa demam adalah penyakit biasa yang akan sembuh dengan sendirinya. Namun hal ini juga tidak sepenuhnya salah, karena demam adalah suatu reaksi tubuh ketika berusaha melawan penyakit.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk menangani anak demam? Berikut adalah beberapa tips praktis yang bisa anda lakukan ketika mendapati anak anda demam seperti yang diungkapkan oleh Dr. Alanna levine.

1. Bersiaplah

Anak-anak sangat mudah terserang demam, sebaiknya anda selalu menyediakan obat penurun demam anak-anak dan pengompres yang dapat langsung digunakan. Mengecek kesehatan anak-anak secara rutin ke dokter juga merupakan hal penting yang harus anda lakukan.

2. Waspadai gejala serius

Segeralah bawa anak anda ke dokter apabila demam anak yang berusia di bawah 3 bulan mencapai 37 derajat celcius atau bahkan lebih. Untuk anak diatas 3 bulan, waspadai jika demam mencapai suhu hingga 40 derajat celcius. Segera periksakan ke dokter apabila demam anak tidak juga kunjung turun hingga tiga hari lamanya, atau anak menunjukkan penurunan kondisi tubuh yang drastis.
baca juga : penyebab bayi rewel

3. Perhatikan lama obat bekerja

Kita biasa mengenal aturan minum obat tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan malam. Namun beberapa obat memiliki waktu bekerja yang lama hingga 8 jam. Oleh karena itu apabila anak anda sarapan dan minum obat pada pukul 8 pagi, belum tentu juga dia harus minum obat lagi pada siang hari. Perhatikan dengan cermat dan teliti petunjuk minum obat pada resep dan botol obat untuk dapat mengetahui aturan minum yang benar.

Itulah beberapa tips praktis untuk menghadapi kondisi ketika anak demam. Semoga saja tips praktis ini bermanfaat bagi anda para orangtua untuk selalu menjaga kesehatan anaknya.

No comments: