Pages

Manfaat Tertawa Bagi Tubuh

Saturday 23 May 2015


Manfaat Tertawa Bagi Tubuh. Tertawa bukan hanya membuat pikiran anda terasa plong dan menghilangkan stres, tetapi tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tertawa merupakan respon dari tubuh kita ketika menjumpai hal yang lucu dan menggelikan. Sudah tahukah anda manfaat lain dari tertawa selain dapat menghilangkan stress? Apabila nada belum mengetahuinya silahkan simak artikel berikut ini.

Manfaat tertawa bagi tubuh kita antara lain :

1. Melancarkan peredaran darah

Tertawa ternyata juga dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan aliran ke pembuluh darah. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa tertawa bisa melebarkan endotelium yaitu jaringan penyusun lapisan darah sehingga memungkinkan darah mengalir dengan lebih baik.

2. Tertawa dapat menurunkan gula darah

Sebuah terapi tertawa menurut sebuah studi menyebutkan bahwa tertawa dapat mempercepat penggunaan glukosa dam otot aktif serta bisa mempengaruhi sistem neuroendokrin.
baca : penyebab diabetes
3. Meningkatkan sistem imun

Tertawa dapat meningkatkan kadar saliva imunoglobin A dalam tubuh yang merupakan sebuah antibodi penting untuk melawan bakteri dan infeksi.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung

Alasan tertawa dapat mengurangi resiko penyakit jantung adalah karena tertawa itu sendiri dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh manusia.

5. Mengurangi stress

Tertawa dapat membantu mengontrol hormon penyebab stress yaitu hormon epinephrine dan cortisol. Jadi saat anda mengalami stress tidak ada salahnya anda melakukan hal-hal yang menyenangkan atau sekedar menonton vidio lucu yang dapat membuat anda tertawa lepas.

6. Mengatasi kesedihan

Selain dapat menghilangkan stress tertawa juga dapat mengatasi kesedihan yang dialami. Terkadang dengan tertawa dapat mengurangi kesedihan yang sedang dialami.

7. Membakar kalori dari dalam tubuh

Tertawa juga merupakan salah satu jenis olahraga yang paling menyenangkan. Tertawa dapat membantu tubuh membakar kalori serta melancarkan peredaran darah.

Itulah beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh kita, selain menyenangkan dan banyak manfaat tertawa juga gratis. Anda dapat melakukan tertawa dengan leluasa dan gratis, namun tetap harus lihat kondisi lingkungan disekitar anda. Tidak mungkin juga kan anda tertawa terbahak-bahak ketika sedang mengikuti rapat, atau sedang mengikuti ujian? Semoga saja artikel ini bermanfaat. Jangan lupa baca juga bahaya marah bagi kesehatan.

1 comment:

Tara said...

Masih ada manfaat tertawa lainnya. Hormon stress yang dapat menurunkan sistem imun tubuh dan memperburuk kesehatan seperti epinephrine dan kortisol diketahui cenderung menurun setelah Anda tertawa.Stres fisik dan emosional dapat menghambat keluarnya hormon prolaktin, insulin, tiroid yang berfungsi kebalikan dari hormon epinephrine dan cortisol. Jadi, jika Anda sedang stress, tidak ada salahnya membuka youtube dan lihat video-video lucu untuk meringankan beban pikiran.